Advertisement

Memasuki Kemarau, Sejumlah Daerah Ini Masih Dilanda Hujan

Newswire
Selasa, 18 Juni 2024 - 08:37 WIB
Ujang Hasanudin
Memasuki Kemarau, Sejumlah Daerah Ini Masih Dilanda Hujan Hujan lebat dan angin kencang di Kota Jogja. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan berpotensi mengguyur mayoritas wilayah di Indonesia pada Selasa (18/6/2024), seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Selain wilayah tersebut, wilayah yang juga berpotensi diguyur hujan adalah Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Advertisement

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa, berbagai wilayah tersebut akan diguyur hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang dengan kecepatan 45 kilometer per jam.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan wilayah Indonesia akan berpotensi dilanda hujan setidaknya hingga September meski sudah mulai memasuki musim kemarau.

BACA JUGA: BMKG Prediksi Langit Jogja dan Sekitarnya Hari Ini Selasa (18/6) Berawan, Cocok untuk Liburan!

Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby, Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik serta potensi pembentukan daerah belokan dan perlambatan angin.

Kondisi itu menimbulkan dampak cuaca ekstrem kebencanaan hidrometeorologi yang meliputi banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor, dan seterusnya meskipun di saat yang bersamaan Indonesia mulai dilanda musim kemarau pada Juni-September 2024.

Oleh sebab itu, BMKG meminta masyarakat untuk selalu memperbarui informasi melalui kanal resmi infoBMKG dan menghindari berita hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Kamis 27 Juni 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Kamis, 27 Juni 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement