Advertisement

Sapi Kurban Jokowi untuk PP Muhammadiyah Dipotong pada Selasa Besok

Newswire
Senin, 17 Juni 2024 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Sapi Kurban Jokowi untuk PP Muhammadiyah Dipotong pada Selasa Besok Prosesi penyembelihan sapi kurban bantuan dari Presiden Jokowi di Dusun Singkil 1 di Kalurahan Tepus, Tepus. Kamis (29/6/2023) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemotongan sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo untuk Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan dilaksanakan pada Selasa (18/6/2024) di Rumah Potong Hewan (RPH) Cipulir, Tanggerang, Banten.

Kepala Kantor PP Muhammadiyah Jakarta, Malik mengatakan aspek kesehatan bagi hewan kurban dan efektivitas penyembelihan menjadi salah satu alasan pimpinan organisasi memutuskan pemotongan dilakukan di RPH.

Advertisement

BACA JUGA: Mendag Imbau Warga Sembelih Hewan Kurban di Rumah Potong Hewan

"Pemotongan hewan kurban tersebut akan dilakukan pada hari Selasa (18/6) atau hari ke-2 Lebaran Iduladha," kata Malik dikutip Senin (17/6/2024).

Hal demikian juga sebagaimana diungkapkan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. Dia menekankan bahwa pemotongan kurban dilakukan dengan ihsan atau baik sehingga hewan yang dikurbankan tidak menjadi stres atau kesakitan.

Cara ini salah satunya dapat dilakukan di RPH yang memang khusus untuk kegiatan tersebut. "Secara pribadi saya lebih cenderung hewan kurban dipotong di rumah pemotongan hewan yang resmi sehingga lebih terjamin kebersihannya," kata dia.

Namun, Ia tidak mempermasalahkan adanya masyarakat yang memilih untuk berkurban di luar RPH seperti masjid atau lapangan, sekolah terdekat asalkan dilakukan benar dan daging bisa cepat disalurkan kepada masyarakat.

Pada Lebaran Iduladha tahun 1445 Hijriah ini, Presiden Jokowi menyumbangkan satu ekor sapi jenis limosin dengan berat lebih dari 1 ton kepada PP Muhammadiyah.

Organisasi tersebut juga turut menerima sumbangan sapi kurban dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah pejabat tinggi negara di antaranya; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit dan Pj Gubernur Jakarta.

Pengurus PP Muhammadiyah mengkonfirmasi
sejumlah sapi kurban dengan bobot ratusan kilogram hingga 1 ton lebih tersebut saat ini sudah berada di kantor pusat kawasan Menteng, Jakarta, untuk kemudian dibawa ke RPH Cipulir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Reformasi Kalurahan, Momentum Penyederhanaan Layanan Mewujudkan Masyarakat Sejahtera

Jogja
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement