Advertisement

Menjelang Hari Besar Iduladha, PT PLN (Persero) Lakukan Sinergi Perkuat Pengamanan Aset Kelistrikan Bersama Polda Jateng

Media Digital
Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:47 WIB
Ujang Hasanudin
Menjelang Hari Besar Iduladha, PT PLN (Persero) Lakukan Sinergi Perkuat Pengamanan Aset Kelistrikan Bersama Polda Jateng Menjelang Hari Besar Idul Adha,PT PLN (Persero) Lakukan Sinergi Perkuat Pengamanan Aset Kelistrikan Bersama Polda Jateng. - Ist

Advertisement

SEMARANG—PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta beserta 4 (empat) Unit Induk PT PLN (Persero) lainnya di wilayah Provinsi jawa Tengah yang mengelola Obyek Vital Nasional (Obvitnas) kelistrikan, menandatangani Perjanjian Kerja Sama Teknis (PKT) dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah. Penandatanganan yang dilaksanakan di Aroem Resto Semarang pada Kamis (13/6/2024) ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergi dan komitmen dalam pengamanan objek vital kelistrikan.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pengamanan instalasi dan aset kelistrikan serta melindungi infrastruktur penting dalam pelaksanaan pelayanan dan penyediaan tenaga listrik, pemanfaatan serta pengelolaan ketenagalistrikan kepada masyarakat. Pengamanan instalasi listrik sangat diperlukan terutama menjelang perayaan hari besar seperti Idul Adha 1445 H yang akan kita jelang pada pertengahan Juni mendatang.

Advertisement

Direktur Pengamanan Obyek Vital (Pamobvit) Polda Jateng, Kombes Pol. Pri Hartono E. L., menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama tertulis antara Polda Jateng dengan Unit Induk PLN se-Jateng ini. Menurutnya, hal tersebut selaras dengan tugas Polri dalam memperkuat pengamanan pada Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu.

"Kita perlu mengelola Kerjasama yang baik untuk menciptakan keamanan untuk kelancaran dan perkembangan perekonomian kita. Kami sangat mendukung sekali karena PLN ini sangat vital sekali dan merupakan kebutuhan dasar setiap warga masyarakat di Indonesia," jelas Pri.

Dalam kontrak kerja sama ini, PLN UID Jateng dan DIY akan bekerja sama dengan Polda Jateng dalam berbagai aspek pengamanan. Hal ini mencakup bantuan pengamanan bagi kantor unit PLN UID Jateng & DIY, pengawalan operasional di lingkungan kerja PLN UID Jateng & DIY, sosialisasi pedoman kerja teknis, peningkatan kapasitas SDM, menghadapi kejadian yang menyangkut ancaman/bahaya (kontinjensi), monitoring dan evaluasi serta koordinasi dalam menghadapi situasi yang memerlukan respons cepat.

BACA JUGA: Sambut Iduladha, PLN Gelar Pemeliharaan Preventif Terpadu di Kota Jogja

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Polda Jateng atas kerja sama yang telah terjalin selama ini. Soffin menyatakan kerja sama ini merupakan langkah positif dalam memastikan keamanan infrastruktur kelistrikan guna melayani masyarakat.

"Saat ini di Jawa Tengah pertumbuhan kelistrikannya sedang bagus di angka 8%, berkat Kerjasama dengan Polda Jateng semoga perekonomian semakin baik lagi. Jawa Tengah sendiri dari topologi kelistrikan merupakan titik "load flow" karena berada di tengah-tengah jalur Jawa Madura dan Bali, sehingga sangatperlu diberikan pengamanan terutama untuk obyek vital nasional seperti instalasi kelistrikan," jelas Soffin

Selain PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, terdapat 3 unit induk PLN lain yang mengikuti acara penandatanganan PKT kali ini antara lain PLN Unit Induk Pusat Pengaturan Beban Jawa, Madura dan Bali (PLN UIP2B), PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB) dan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (PLN UIT JBT). 

Tidak hanya hal tersebut, kedua belah pihak juga sepakat untuk saling berbagi informasi terkait gangguan keamanan atau potensi ancaman yang dapat mempengaruhi operasional PLN. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan yang mungkin terjadi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Musim Kemarau Petani di DIY Diminta Tetap Menanam Padi

Jogja
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement