Advertisement

Pertarungan Anies Vs Prabowo Bisa Berlanjut di Pilkada DKI Jakarta

Oktaviano DB Hana
Minggu, 02 Juni 2024 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Pertarungan Anies Vs Prabowo Bisa Berlanjut di Pilkada DKI Jakarta Anies Baswedan / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kans “duel” antara Anies Rasyid Baswedan versus Prabowo Subianto di Pilpres 2024 kini mulai terbuka untuk berlanjut di Pilkada Jakarta.

Seusai kalah dari Prabowo Subianto dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka di Pilpres, Anies Baswedan berpeluang maju kembali sebagai calon Gubernur Jakarta di Pilkada Serentak 2024.

Advertisement

Sederet partai politik hampir pasti menempatkan Gubernur DKI 2017–2022 itu dalam daftar paling atas kandidat calon kepala daerah Jakarta.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hampir dipastikan memberikan rekomendasi kepada Anies sebagai calon kepala daerah Jakarta. PKB dan Nasdem pun membuka peluang besar bagi Anies.

Di sisi lain, Prabowo Subianto tengah mempersiapkan Budisatrio Djiwandono, keponakan yang juga merupakan kader Partai Gerindra, untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta.

Gerindra telah menyatakan keseriusannya untuk mengusung Budi Djiwandono sebagai calon kepala daerah, sedangkan sederet partai lainnya merespons positif wacana itu.

Memang masih ada beberapa nama lain yang digadang-gadang menjadi calon gubernur Jakarta. Salah satu nama yang ramai dibicarakan adalah kader PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Namun, belum ada kepastian dari PDIP untuk menugaskan Gubernur DKI 2014–2017 itu untuk maju di Pilkada Jakarta. Pasalnya, eks Bupati Belitung Timur itu juga diwacanakan untuk mengadang laju Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo, di Pilgub Sumatra Utara 2024.

Selain itu, Golkar juga masih menjajaki sejumlah nama untuk disodorkan ke Pilkada Jakarta 2024.

Ridwan Kamil dan Erwin Aksa sebelumnya telah disuarakan partai berlogo pohon beringin itu untuk Pilgub Jakarta, di samping nama pesohor Raffi Ahmad.

Kendati begitu, belum ada tanda keputusan Golkar mengerucut pada figur pasti cagub Jakarta 2024. Alhasil, pasca-Pilpres 2024, kans ‘duel antara Anies Rasyid Baswedan versus Prabowo Subianto’ via keponakannya, Budi Djiwandono, pun diyakini terbuka untuk bergeser ke Pilkada Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: Lahan Tadah Hujan di Dlingo Cocok Terapkan Patbo Super

Bantul
| Rabu, 03 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement