Advertisement

Ribuan Pelayat Antar Presiden Iran Ebrahim Raisi ke Peristirahatan Terakhir

Newswire
Jum'at, 24 Mei 2024 - 11:57 WIB
Sunartono
Ribuan Pelayat Antar Presiden Iran Ebrahim Raisi ke Peristirahatan Terakhir Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi yang berlangsung di kota suci Masyhad dipenuhi ribuan pelayat pada Kamis (23/5 - 2024) waktu setempat.

Advertisement

Harianjogja.com, TEHERAN—Ribuan pelayat mengantar jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi ke peristihatan terakhir yang berlangsung di kota suci Masyhad pada Kamis (23/5/2024) waktu setempat.

Dilaporkan Reuters pada Jumat (24/5/2024) yang mencuplik video dari media lokal Iran menunjukkan para pelayat tersebut memadati jalanan kota Masyhad yang merupakan kota kelahiran Raisi. Sebagai tanda penghormatan, para pelayat melemparkan bunga ke arah truk yang membawa peti mati Raisi.

Advertisement

BACA JUGA : Iran Selidiki Penyebab Jatuhnya Helikopter Tewaskan Presiden Ebrahim Raisi

Sang mendiang presiden disemayamkan di Makam Imam Reza, petilasan Islam yang disucikan di Iran. Pejabat pemerintah, petinggi militer, serta pemuka agama Iran juga dilaporkan hadir dalam pemakaman yang berlangsung empat hari setelah Raisi meninggal dalam kecelakaan helikopter itu.

Sebagai informasi, Raisi meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di kawasan pegunungan di perbatasan Azerbaijan pada 19 Mei lalu. Delapan orang dinyatakan tewas, termasuk Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian. Atas tragedi tersebut, Iran secara resmi mengumumkan masa berkabung selama lima hari.

Selain memberikan penghormatan terakhir bagi Raisi, sebuah upacara juga diadakan untuk mengenang Amirabdollahian di Kementerian Luar Negeri Iran, Teheran.

Sejumlah politisi dan seniman terkenal Iran juga dimakamkan di lokasi tersebut. Raisi yang meninggal pada usia 63 tahun sebelumnya dipandang sebagai kandidat pengganti Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei yang saat ini berusia 85 tahun. Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber saat ini menjabat sebagai presiden sementara hingga pemilu diadakan pada 28 Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket Kereta Bandara YIA, Mudah dan Cepat

Jogja
| Senin, 17 Juni 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Ada Wahana Baru di Wisata Gardu Pandang Merapi

Wisata
| Jum'at, 14 Juni 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement