Advertisement

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 23 April 2024 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya Petugas memeriksa bangkai kecelakaan helikopter yang bertabrakan yakni AW139 dan Fennec M502-6 saat latihan pada Selasa (23/4/2024) di dekat pangkalan Angkatan Laut, Lumut, Perak. (NewStrightTimes - Hassan Omar)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 10 orang dikabarkan tewas usai dua helikopter militer milik Malaysia bertabrakan kemudian terjatuh saat latihan pada Selasa (23/4/2024) pagi.

Kejadian tersebut terjadi di dekat pangkalan Angkatan Laut, Lumut, Perak. Dua helikopter yang bertabrakan yakni AW139 dan Fennec M502-6.

Advertisement

Melansir dari AFP, akibat kecelakaan tersebut sebanyak 10 awak helikopter angkatan laut tewas.

"Kedua helikopter bertabrakan saat latihan penerbangan. Kesepuluh korban di dalamnya telah dipastikan tewas oleh petugas medis," kata Komandan Operasi Senior Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Suhaimy Mohamad Suhail, dikutip dari kantor berita AFP.

BACA JUGA: Tiga Korban Tewas Kecelakaan Helikopter di Halmahera Tengah Teridentifikasi

Menurut laporan awal, video kejadian tersebut menunjukkan salah satu helikopter menghantam rotor helikopter lainnya sebelum keduanya jatuh ke tanah. Setelah itu, helikopter Fennec jatuh ke dalam kolam renang kompleks olahraga.

Dikutip dari The Star, kedua helikopter berangkat dari Lapangan Sitiawan pada pukul 09.03 itu jatuh saat latihan perayaan Hari Angkatan Laut ke-90.

10 awak yang menjadi korban tersebut, diketahui tiga awak dari helikopter Fennec, sementara tujuh awak dari helikopter AW139. "Semua korban dipastikan tewas di lokasi dan jenazahnya dikirim ke Rumah Sakit Militer TLDM untuk proses identifikasi," tulis pernyataan resmi TLDM.

BACA JUGA: Kecelakaan Helikopter, Kapolri Sebut Heli Layak Terbang

TLDM juga akan membentuk badan investigasi untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Adapun video detik-detik kecelakaan helikopter tersebut juga sempat diunggah oleh akun Twitter @Marchfoward pada Selasa (23/4/2024).

Terlihat dari video yang beredar, salah satu helikopter serong ke kanan hingga mengenai baling-baling helikopter yang lain. Puing baling-baling pun terlihat, kemudian diikuti dengan terjatuhnya helikopter ke tanah. Suara dentuman keras pun terdengar setelah kecelakaan tersebut terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Bantul, Pencalonan Masih Cair, Ini Sederet Nama yang Mencuat

Bantul
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement