Advertisement

Kelompok Ahli Independen PB Kecam Penghancuran Sistem Pendidikan di Gaza oleh Israel

Newswire
Sabtu, 20 April 2024 - 17:27 WIB
Sunartono
Kelompok Ahli Independen PB Kecam Penghancuran Sistem Pendidikan di Gaza oleh Israel Lokasi pengungsian warga Gaza - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kelompok ahli independen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam keras penghancuran sistem pendidikan Palestina secara sistematis yang dilakukan Israel di tengah agresi yang masih berlangsung di Jalur Gaza.

"Dengan lebih dari 80 persen sekolah di Jalur Gaza rusak atau hancur, amat wajar untuk mempertanyakan apakah memang ada upaya yang disengaja untuk secara sistematis menghancurkan sistem pendidikan di Palestina, atau 'skolastisida'," demikian menurut kelompok ahli itu pada Kamis (18/4/2024).

Advertisement

Istilah "skolastisida" (scholasticide) merujuk pada pemusnahan sistem pendidikan secara sistematis melalui penangkapan dan pembunuhan guru, siswa, dan staf sekolah, serta penghancuran infrastruktur pendidikan.

Para ahli mendesak Israel untuk menghormati hukum kemanusiaan dan hukum HAM internasional serta menjamin perlindungan institusi pendidikan, guru, maupun siswa.

"Kami juga mengingatkan Israel atas kewajibannya mematuhi putusan sementara Mahkamah Internasional (ICJ) pada 26 Januari," katanya.

Kelompok ahli itu, yang anggotanya mencakup pelapor khusus PBB untuk hak mendapatkan pendidikan dan untuk situasi di wilayah Palestina yang diduduki sejak 1967, juga memperingatkan dampak jangka panjang atas penghancuran sistem pendidikan Gaza.

"Serangan tanpa henti dan tanpa perasaan Israel terhadap infrastruktur pendidikan di Jalur Gaza memiliki dampak jangka panjang yang mengerikan terhadap hak dasar individu untuk belajar dan mengekspresikan diri secara bebas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Kirim Nama Calon Pj Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulonprogo ke Kemendagri

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement