Advertisement

Pemerintah Diingatkan untuk Mengelola Isu Perang Iran-Israel dengan Bijak

Newswire
Selasa, 16 April 2024 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemerintah Diingatkan untuk Mengelola Isu Perang Iran-Israel dengan Bijak Bendera Iran.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Isu perang Iran dan Israel harus dikelola dengan baik, khususnya dalam negeri. Pemerintah diingatkan untuk tidak salah mengambil kebijakan.

"Hubungan antara Israel dan beberapa negara di Timur Tengah merupakan isu yang sangat halus yang harus dikelola dengan baik di dalam negeri," kata Akademisi Universitas Pelita Harapan (UPH) Edwin Tambunan dihubungi di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Di Jogja, Lama Kemacetan Maksimal Hanya 10 Menit Selama Libur Lebaran

Menurut pengajar Program Studi Hubungan Internasional itu, akan banyak sentimen di dalam negeri ketika menyangkut dengan Israel. Dia mendorong parlemen Indonesia harus proaktif mendukung langkah-langkah Pemerintah untuk mengamankan situasi dalam negeri.

"Dibutuhkan langkah proaktif dari DPR RI agar tidak terjadinya sentimen yang meluas di dalam negeri, yang kelak dapat mengganggu stabilitas domestik," katanya.

Walaupun DPR saat ini sedang masa reses, Komisi yang khususnya membawahi luar negeri juga harus proaktif. Hal itu, kata dia, untuk memberikan masukan kepada Kementerian Luar Negeri dan menegaskan posisi Indonesia saat ini.

"Indonesia tetap harus tegas, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi, yakni mempertahankan perdamaian dunia serta tidak menoleransi adanya perang," katanya menegaskan.

BACA JUGA: Gelar Rapat Internal, Jokowi Siapkan Langkah Terkait Perang Iran-Israel

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Presiden RI Jokowi tengah menyiapkan langkah terkait dengan antisipasi konflik yang terjadi di Timur Tengah saat ini.

"Karena ini menjadi penting dan Bapak Presiden akan mengadakan rapat internal mengenai ini. Tentu kita akan mempersiapkan langkah-langkah Indonesia," katanya di Jakarta, Senin (15/4/2024) malam.

Permusuhan terbaru antara Iran dan Israel dipicu serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, 1 April lalu, yang menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, termasuk dua jenderal penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement