Advertisement

Mayoritas Wilayah di Tanah Air Bakal Diguyur Hujan Hari Ini

Newswire
Minggu, 14 April 2024 - 08:57 WIB
Sugeng Pranyoto
Mayoritas Wilayah di Tanah Air Bakal Diguyur Hujan Hari Ini Hujan gerimis / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Mayoritas kota-kota besar di Indonesia termsuk Kota Jogja akan diguyur hujan pada Minggu (14/4/2024) berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
Sejumlah wilayah yang akan berawal hingga hujan itu seperti Bengkulu, Serang, Denpasar, Manado, dan Ternate, berpotensi tertutup awan pada hari ini.
Selanjutnya, awan yang lebih tebal diprakirakan menutupi Samarinda, dengan suhu udara berkisar 24-92 derajat Celsius dan kelembapan udara antara 60-95 persen.
Sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangka Raya, Mataram, Kupang, Makassar, Kendari, Ambon, Manokwari, dan Jayapura. Kemudian, Kota Jogja dan Pangkal Pinang diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang pada hari ini.
Dikutip dari laman resmi BMKG, hujan dengan disertai petir diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Tanjung Pinang, Palembang, dan Banjarmasin.

BACA JUGA: Mau ke Malioboro? Ini Lokasi Parkir yang Bisa Dipakai

Advertisement


Tak hanya itu, terdapat pula beberapa daerah yang diprakirakan memiliki cuaca berbeda, seperti Jambi, Surabaya, dan Mamuju yang diprakirakan cerah berawan, serta Tarakan dan Gorontalo yang diprakirakan akan cerah.
Menurut keterangan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, masyarakat diminta berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Mantan Rektor UGM itu berharap pemudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.
Jika memang kondisi cuaca sedang buruk, kata dia, jangan memaksakan diri dan sebaiknya ditunda
"Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS)," kata Guru Besar UGM tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Indonesia Vs Irak, Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement