Advertisement

BNPB Wajibkan Tempat Wisata Rawan Bencana Bikin Zona Evakuasi, Termasuk Kaliurang di Sleman

Newswire
Rabu, 03 April 2024 - 19:37 WIB
Maya Herawati
BNPB Wajibkan Tempat Wisata Rawan Bencana Bikin Zona Evakuasi, Termasuk Kaliurang di Sleman Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Setiap pengelola destinasi wisata alam diminta untuk membuat zona evakuasi untuk meminimalkan dampak terjadinya bencana saat libur Lebaran 2024. Bahkan di kawasan rawan bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mewajibkan zona evakuasi.

"Pembuatan zona evakuasi ini sudah disosialisasikan dalam bentuk surat edaran BNPB kepada seluruh pihak pengelola destinasi wisata alam baik yang dikelola pemerintah maupun swasta," kata Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan setelah pelepasan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik Palestina dan Sudan di BaseOps SUMA 1 Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Advertisement

Ia memastikan pimpinan BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memonitor langsung ke setiap destinasi wisata alam untuk memastikan zona evaluasi tersebut dilaksanakan secara baik dan benar selama libur Lebaran.

Sebab, BNPB menilai keberadaan zona evakuasi penting karena mayoritas destinasi wisata alam masuk dalam kategori daerah rawan bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung, termasuk tsunami dan gempa bumi.

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi hujan ringan, sedang, dan lebat pada tiga fase selama periode libur Lebaran tahun ini.

Fase pertama, sepekan sebelum Lebaran (3-9 April 2024), BMKG memperkirakan terjadi hujan intensitas sedang-lebat (150-200 mm), fase kedua, sepekan saat Lebaran (10-16 April 2024) diprediksi kondisi cuaca di Indonesia secara umum cerah berawan dan berpeluang hujan masih ada, fase ketiga, sepekan setelah Lebaran (17-23 April 2024), diprediksi Indonesia bagian utara dan tengah berpotensi hujan dengan kategori ringan-sedang.

BACA JUGA: Tol Fungsional Jogja-Solo Diprediksi Dilewati 1.000 Kendaraan Per Jam, Pengelola Siapkan SPBU Mobile, Derek Gratis hingga Ambulans

"Khususnya di wilayah Pulau Jawa yang pada periode libur Lebaran ini menjadi perhatian kerawanan bencana itu karena potensi hujan masih tinggi dan pergerakan manusia yang padat," kata dia.

Berikut ini daftar kawasan wisata rawan bencana yang wajib membuat zona evakuasi:

- Pulau Jawa

Jawa Barat: Tangkuban Perahu, Puncak Bogor, Gede Pangrango

DIY: Seluruh kawasan wisata di Pantai Selatan, Kaliurang

Jawa Tengah: Borobudur Kabupaten Magelang, Gunung Merapi Kabupaten Boyolali, destinasi wisata di Semarang, Pati, Demak, Kudus

Jawa Timur: Gunung Bromo, Ijen Banyuwangi, Klayar

"Apa lagi di pantai selatan itu, kalau terjadi tsunami ketinggiannya bisa mencapai 12 meter, makanya kami sosialisasikan sejak dini. Jadi meski kami sudah siapkan penanganan darurat seperti logistik makanan atau nonmakanan, tapi upaya antisipasi seperti ini juga lebih penting lagi dan daerah harus memperhatikannya," kata Lilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement