Advertisement

Jatah Menteri Bakal Berkurang karena PDIP Diajak Masuk Kabinet, Golkar Bilang Begini

Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 28 Maret 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Jatah Menteri Bakal Berkurang karena PDIP Diajak Masuk Kabinet, Golkar Bilang Begini Ilustrasi Partai Golkar. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Golkar tak mempermasalahkan jika calon presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak PDI Perjuangan (PDIP) bergabung ke koalisi pemerintahannya. Bahkan, Golkar mengaku rela jumlah menterinya di kabinet Prabowo-Gibran nantinya berkurang.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengaku tidak heran apabila Prabowo coba mengajak PDIP dukung pemerintahnya nanti.

Advertisement

Bagaimanapun, lanjutnya, Prabowo kerap menyampaikan akan membuka pintu rekonsiliasi kepada semua pihak. "Dari pernyataan-pertanyaan Pak Prabowo, beliau kan sampaikan, 'Saya akan merangkul seluruh komponen,' ya tunggu saja ya. Tunggu apa langkah-langkah Pak Prabowo," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024).

Wakil ketua DPR ini tidak menampik kemungkinan pengambilan keputusan akan semakin rumit apabila makin banyak partai politik yang ada di kabinet. Meski demikian, Lodewijk meyakini setiap masalah akan ada solusinya.

Bagi Golkar, yang terpenting adalah Prabowo bisa menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan dengan lancar, meskipun dengan koalisi gemuk. "Enggak [masalah kursi menteri berkurang]. Ceritanya, makin banyak [koalisinya] semakin bagus, makin solid di parlemen, di pemerintahan. Itu saja berpikirnya," ujarnya.

BACA JUGA: Diajak Gabung Koalisi oleh Prabowo, Begini Reaksi Elite PPP

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyatakan keputusan bergabungnya PDIP ke pemerintah Prabowo sepenuhnya ada di tangan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri. "Bahwa persoalan apakah PDI Perjuangan akan bergabung dengan pemerintah dan kerja sama atau di luar pemerintah, itu kewenangannya di Ketua Umum sesuai keputusan Kongres," kata Pacul.

Sebagai informasi, belakang muncul isu wacana pertemuan antara Prabowo dengan Megawati. Baik pihak Gerindra dan PDIP juga membuka peluang terwujudnya pertemuan antara pimpinan partai masing-masing itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement