Advertisement

Investasi Proyek Pembangunan PIK 2 Diperkirakan Rp40 Triliun

Newswire
Selasa, 26 Maret 2024 - 11:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Investasi Proyek Pembangunan PIK 2 Diperkirakan Rp40 Triliun Sejumlah warga berfoto dengan latar belakang patung naga di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (10/2/2024). Antara/Sulthony Hasanuddin - YU

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah menunjuk PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk atau PIK2 (PANI) sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Total investasi proyek yang dimulai 2024 dan selesai 2060 ini berkisar Rp40 triliun.

“Dalam perencanaan total investasi tersebut akan difasilitasi pihak swasta dan tidak ditargetkan menggunakan APBN/APBD,” ujar Sekretaris Perusahaan PANI Christy Grassela di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Advertisement

Christy menjelaskan PIK2 merupakan lanjutan usaha patungan Agung Sedayu Group (ASG) dan Salim Group (SG) setelah berhasil mengembangkan Kawasan PIK 1 dan Pulau Reklamasi yakni Golf Island and Ebony dengan total luasan pengembangan sekitar 1.600 hektar.

Ia memaparkan perencanaan PIK2 PSN dengan kisaran proyek seluas 1.755 hektare yang telah dikaji:

Eco-Park

Pengembangan baru berkonsep Eco-Park (Taman Bhineka) yang akan mengusung keragaman religi dan sikap toleransi di Indonesia.

Wisata Safari

Wisata safari sebagai destinasi wisata alam yang dapat diakses oleh umum, serta fasilitas penunjang yang diperlukan untuk mempermudah wisatawan untuk berkunjung, termasuk hotel, restoran dan fasilitas lain.

Lapangan Golf

Lapangan golf dirancang untuk dapat mengakomodir standar 27 holes dengan skala design bertaraf internasional.

Mangrove

Wisata mangrove sebagai destinasi wisata alam yang berbasis pesisir pantai, termasuk safari mangrove dan taman rekreasi keluarga, serta kebun binatang berhabitat mangrove.

Sirkuit Internasional

Sirkuit internasional untuk menyasar segmen pecinta otomotif dan direncanakan racing berskala nasional dan internasional sebagai magnet segmen otomotif.

Ekowisata

Ekowisata yang mencakup resort bertemakan pesisir pantai, taman terbuka dan tertutup dengan target segmen wisata ekowisata.

Baca Juga

14 Proyek Strategis Nasional Disetujui Presiden Jokowi, Ini Daftarnya

Viral Weeding Anjing Jojo dan Luna Gunakan Adat Jawa, Ini Tanggapan Disbud DIY

Ini Bisnis Crazy Rich Rudy Salim dan Raffi Ahmad, dari Klub Sepak Bola hingga Kebun Binatang

“PIK2 sebagai PSN menjadi tonggak baru bagi pengembang untuk lebih berdampak lebih luas, sehingga bukan hanya membangun infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk hunian dan kegiatan komersial,” ujar Christy.

Seiring dengan target pembangunan itu, Christy menjelaskan saat ini kawasan PIK2 sedang dibangun jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg (KATARA) sepanjang hampir 40 kilometer (KM), yang diperkirakan akan mulai beroperasi dalam satu tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Istri Joko Pinurbo Kenang Sosok Joko Pinurbo sebagai Pribadi yang Sederhana

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement