Advertisement

Ukraina Kembali Tegaskan Tak Terkait dengan Serangan Teroris di Moskow

Newswire
Minggu, 24 Maret 2024 - 15:17 WIB
Sunartono
Ukraina Kembali Tegaskan Tak Terkait dengan Serangan Teroris di Moskow Penembakan jendela - ist - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penasihat kepresidenan Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan negaranya "tidak memiliki hubungan sedikitpun" dengan serangan teroris pada Jumat di ibu kota Rusia, Moskow.

"Upaya apapun untuk menghubungkan Ukraina dengan serangan teroris sama sekali tidak bisa dibenarkan. Ukraina sama sekali tidak ada hubungannya dengan insiden ini," tulis Mykhailo Podolyak di X sebagaimana dikutip Antara Minggu (24/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Rusia Sebut Warga Asing Terlibat dalam Serangan Teroris di Moskow

Ukraina akan menyelesaikan masalah agresi Rusia di medan perang, kata Podolyak menambahkan. "Versi menurut badan-badan khusus Rusia tentang Ukraina benar-benar tidak dapat dibenarkan dan tidak masuk akal."

"Kami sudah menyangka soal 'jejak Ukraina' versi pejabat Rusia dalam serangan teroris di Balai Kota Crocus. Sikap primitif dan bisa ditebak adalah karakteristik ideal dinas keamanan Rusia," ujarnya.

"Sekali lagi, FSB [Dinas Keamanan Federal] membenarkan hal ini... Namun, faktanya perlu ditegaskan sekali lagi," kata Podolyak.

Ia mengatakan bahwa kelompok bersenjata masuk ke area ramai di wilayah tengah Moskow tanpa pemeriksaan apa pun dan selama 1,5 jam kelompok itu menembaki orang-orang sementara penegak hukum Rusia tidak melakukan intervensi. Podolyak menyoroti keadaan bahwa kelompok teroris tersebut meninggalkan gedung dengan tenang.

"Data awal dan pernyataan saksi memberikan gambaran penyerang dan dengan jelas menghubungkan mereka dengan penganut Islam radikal," katanya.

"Orang-orang yang dicari bergerak menuju penyeberangan perbatasan yang diblokir, yang mana ada pertempuran aktif dan di mana setiap meternya dijaga oleh pasukan keamanan Rusia untuk melakukan penyeberangan yang tampak nyata dan demonstratif."

Orang-orang bersenjata melancarkan tembakan ke arah penonton konser pada Jumat (22/3) malam hingga menewaskan sedikitnya 115 orang dan melukai 145 lainnya. Serangan tersebut terjadi saat band rock Picnic akan tampil di Balai Kota Crocus, di sebelah barat Moskow.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal Karena Sakit Paru Kronis

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement