Advertisement

Partai Tak Lolos ke DPR, Sandiaga Uno: Saya Tetap di PPP

Newswire
Jum'at, 22 Maret 2024 - 20:52 WIB
Maya Herawati
Partai Tak Lolos ke DPR, Sandiaga Uno: Saya Tetap di PPP Sandiaga Uno / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPartai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold. Meski demikian Sandiaga Uno menyatakan menyatakan akan tetap berada di partai berlambang Ka’bah itu.

"Insyaallah istiqomah, saya tetap di PPP. Per hari ini, saya pegang keanggotaan," ucap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP tersebut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Advertisement

Sandiaga mengatakan akan ada langkah selanjutnya terkait tidak lolosnya PPP ke Senayan tersebut. Namun, kata dia, pernyataan resminya akan disampaikan langsung oleh Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

BACA JUGA: Gempa di Laut Jawa, Badan Geologi: Diperkirakan Akibat Sesar Tua Aktif Lagi

"Saya lagi diminta untuk tidak berkomentar, akan ditangani oleh ketua umum langsung dan saya ingin menyampaikan pesan agar tetap tenang dan optimis karena akan diupayakan langkah selanjutnya," ucap Sandiaga.

Jadi, ujar dia, nanti pernyataan resminya dari ketua umum yang sudah minta saya agar tidak ada beberapa pernyataan yang mungkin saling tidak sinkron. "Jadi, nanti disampaikan ketua umum," katanya.

Sebelumnya, rekapitulasi nasional suara pemilihan legislatif (pileg) 2024 telah selesai. Berdasarkan hitungan secara manual ada 8 parpol yang meraih suara di atas 4 persen, sehingga dinyatakan lolos parlemen, sedangkan PPP tidak mencapai 4%.

Berdasarkan pasal 414 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa syarat partai politik lolos parlemen adalah memenuhi ambang batas parlemen yakni minimal 4 persen suara nasional. Raihan suara PPP secara nasional, yakni 5.878.777 suara atau setara dengan 3,87 persen dari suara sah nasional sebesar 151.796.630 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Sempat Menitipkan Pesan Ini lewat Harianjogja.com Dua Tahun yang lalu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement