Advertisement

Banjir Surut, Stasiun Semarang Mulai Beroperasi

Newswire
Jum'at, 15 Maret 2024 - 10:27 WIB
Sunartono
Banjir Surut, Stasiun Semarang Mulai Beroperasi Ilustrasi. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Stasiun Semarang Tawang kembali beroperasi setelah banjir yang melanda sebagian wilayah Ibu Kota Jawa Tengah pada Kamis (14/3/2024) mulai surut.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo di Semarang mengatakan, arus naik dan turun penumpang kembali normal mulai pagi ini. "Pembersihan area yang terdampak banjir sudah dilakukan sehingga bisa kembali dioperasionalkan," katanya, Jumat (15/3/2024)

Advertisement

Ia memastikan akses menuju ke stasiun juga sudah tidak lagi tergenang. KA Argo Merbabu relasi Semarang-Jakarta sudah bisa diberangkatkan dari Stasiun Tawang pada pukul 05.50 WIB.

BACA JUGA : Daop 6 Yogyakarta Batalkan 4 Perjalanan KA Imbas Banjir di Semarang

Jalur KA pada 3 titik tersebut tergenang air sejak Kamis dinihari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api.

Sebelumnya dampak dari banjir Semarang sejumlah kereta api terpaksa dialihkan melalui jalur selatan. Daop 6 Yogyakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan kereta api yang perjalanannya terdampak banjir di wilayah Semarang tepatnya di Petak Jalan Semarang Tawang - Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu.

Akibat peristiwa tersebut Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. Kejadian tersebut juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang.

Daop 6 Yogyakarta melaporkan dampak banjir tersebut beberapa KA Daop 6 sempat dibatalkan perjalanannya seperti:

1. KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal
2. KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan
3. KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang
4. KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan

Selain itu, beberapa KA yang semestinya lewat jalur utara dialihkan perjalanannya melalui lintas selatan Solo - Yogyakarta - Kroya - Purwokerto - Cirebon. Kereta api yang dialihkan melalui jalur selatan, antar lain, 10 KA ke arah Jakarta terdiri atas Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, Blambangan.

BACA JUGA : Dampak Banjir Semarang, 14 Kereta Api dari Cirebon Terlambat hingga 5 Jam

"8 KA ke arah Surabaya terdiri atas Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, Gumarang. Oleh karenanya bagi para pelanggan yang perjalanan KA nya terimbas, KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Siap Melakukan Pengawasan Tahapan Pilkada 2024

Bantul
| Jum'at, 17 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement