Advertisement

Mengintip Desain Megahnya Masjid Negara di IKN

Ujang Hasanudin
Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:27 WIB
Ujang Hasanudin
Mengintip Desain Megahnya Masjid Negara di IKN Desain masjid Negara di IKN. - Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melakukan grounbreaking atau tanda dimulainya pembangunan Masjid negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu, 17 Januari lalu.

Pembangunan masjid yang menelan anggaran hampir 1 triliyun tersebut ditargetkan selsai pada akhir tahun ini. Melansir laman Instagram @kemenpupr pada Kamis (8/2/2023), Masjid Negara IKN Nusantara diproyeksikan mampu menampung hingga 61.392 jemaah.

Advertisement

Area Masjid Negara IKN Nusantara meliputi area masjid seluas 32.125 m², fasilitas komersial seluas 2.221 m², dan area kolam retensi seluas 123,502 m. Selain itu bangunannya seluas 59.081 m², yang terdiri dari bangunan masjid seluas 56.220,3 m² (3 Lower Ground, 1 Ground Floor, 2 Mezzanine), bangunan komersial seluas 2.134 m³ (2 lantai), dan bangunan penunjang seluas 727 m² (1 lantai).

Tidak hanya itu, kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai infrastruktur pendukung seperti jalan, jembatan, lanskap, serta utilitas kawasan. Selain itu juga dilengkapi fasilitas tempat wudu, ruang rapat, hall pertemuan, dan ruang tunggu VIP.

BACA JUGA: Peletakan Batu Pertama Masjid Berkapasitas 61.000 Orang di IKN, Presiden: Target Akhir Tahun

Selain pembangunan masjid, nantinya di kawasan peribadatan IKN ini juga akan dibangun gereja, katedral, vihara, pura, dan klenteng yang akan menjadi simbol keberagaman, kerukunan, dan persatuan Indonesia yang harus selalu dijaga.

Kementerian PUPR juga menegaskan dalam keterangannya bahwa pembangunan Masjid Negara IKN ini menjadi simbol tolerasi umat beragama di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berharap Masjid Negara di IKN akan mempresentasikan kemajemukan bangsa Indonesia dan sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Masjid itu juga diharapkan menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan maupun aktivitas sosial lainnya, serta menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di IKN.

“Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” tutur Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hardiknas 2024, Bayar UKT Mahasiswa Terjebak Pinjol Hingga Gadaikan Barang

Sleman
| Jum'at, 03 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement