Advertisement

Unjuk Rasa di Brussels Belgia, Ribuan Orang Desak Gencatan Senjata di Gaza

Newswire
Senin, 22 Januari 2024 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Unjuk Rasa di Brussels  Belgia, Ribuan Orang Desak Gencatan Senjata di Gaza Seorang gadis berjalan melewati bangunan yang hancur di kamp pengungsi Jabalia, Jalur Gaza utara, pada 18 Januari 2024. (Xinhua - Abdul Rahman Salama)

Advertisement

Harianjogja.com, BRUSSELS—Hampir 9.000 orang berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa di Brussels pada Minggu (21/1), menurut kepolisian setempat. Mereka menuntut langkah-langkah konkret dari Belgia untuk menetapkan gencatan senjata secepatnya di Gaza dan memastikan keadilan bagi rakyat Palestina.

Sebagai presiden Dewan Uni Eropa (EU) saat ini, Belgia diminta untuk memainkan peran sentral dalam mempromosikan solusi yang adil bagi konflik Israel-Palestina.

Advertisement

Pada Senin (22/1), Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa akan membahas situasi Timur Tengah di Brussels. Ke-27 menteri luar negeri EU akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, sebelum melakukan pembicaraan terpisah dengan diplomat tertinggi Otoritas Palestina, Riyad al-Maliki.
Seorang tentara Israel terlihat di dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, pada 18 Januari 2024. (Xinhua/Gil Cohen Magen).

BACA JUGA: 1000 Masjid di Gaza Hancur Akibat Serangan Israel

BACA JUGA: PBB Sebut Israel Masih Tutup Akses Pengiriman Bantuan Kemanusiaan di Gaza

Mobilisasi pada Minggu itu diprakarsai oleh koalisi dari berbagai organisasi masyarakat sipil Belgia, termasuk sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) besar.

Pihak penyelenggara, yang mengadvokasi perdamaian, memperingatkan agar tidak mempromosikan kejahatan perang, serangan terhadap warga sipil, antisemitisme, atau rasisme

Menurut penyelenggara, dalam tiga bulan terakhir, lebih dari 24.000 warga Palestina, terutama wanita dan anak-anak, telah kehilangan nyawa mereka. Hampir 1,9 juta orang terpaksa mengungsi, dan sebagian besar infrastruktur sipil telah hancur total.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Malam Ini, Wabup Sleman Ajak Masyarakat Nobar Indonesia Vs Irak di Rumah Dinas

Sleman
| Kamis, 02 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement