Advertisement

Bukan Anjing Penjaga, Penjara Ini Gunakan Angsa Ini untuk Cegah Napi Melarikan Diri

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 23 Desember 2023 - 20:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Bukan Anjing Penjaga, Penjara Ini Gunakan Angsa Ini untuk Cegah Napi Melarikan Diri Ilustrasi angsa.

Advertisement

Harianjogja.com, FLORIANOPOLIS—Sebuah penjara di negara bagian Santa Cantarina, Brasil telah mengganti anjing penjaganya dengan sekawanan angsa untuk mencegah narapidana melarikan diri.

Saat ini, banyak penjara dilengkapi dengan sistem deteksi canggih yang membuat sangat sulit bagi narapidana melarikan diri tanpa terdeteksi. Terlepas dari itu, ada juga penjara yang masih menerapkan sistem deteksi analog cadangan, jika hal-hal canggih tersebut gagal. Penjaga manusia dan anjing jadi hal yang lumrah. Namun, ada juga penjara yang menempatkan alternatif penjaga tak terduga.

Advertisement

BACA JUGA: Terpidana Pembunuhan Dibebaskan dari Penjara karena Menderita Obesitas dan Tak Bisa Diet

Sejumlah penjara di Brasil diketahui telah mengganti anjing penjaga dengan angsa. Hal ini menurut petugas setempat tidak hanya lebih efektif, namun juga lebih murah untuk dipelihara.

Rupanya, angsa memiliki pendengaran yang sangat baik dan akan mengeluarkan suara keras setiap kali mereka mendeteksi suara-suara aneh, sehingga memperingatkan manusia penjaga untuk beraksi.

“Kami memiliki pengawasan elektronik, pengawasan langsung, dan terakhir pengawasan dengan angsa, yang menggantikan anjing,” kata direktur penjara Marcos Roberto de Souza kepada Reuters, dikutip dari Oddity Central.

BACA JUGA: Hotel Mewah Ini Pakai Bangunan Bekas Penjara Kuno Jepang

Kawanan “penjaga angsa” ditugaskan berpatroli di ruang antara pagar dalam penjara dan dinding luar utama.

Penjara di Brazil telah mengandalkan angsa untuk mencegah narapidana melarikan diri setidaknya selama 12 tahun. Pada tahun 2011, penjara Sobral di Sao Paolo menjadi berita utama internasional karena memperkenalkan sekawanan angsa yang berteriak-teriak sebagai cara untuk mengingatkan penjaga akan aktivitas mencurigakan.

Menariknya, angsa juga telah membantu patroli perbatasan China dalam mencegah masuknya imigran ilegal setidaknya selama dua tahun terakhir, karena mereka jauh lebih baik daripada anjing dalam mendeteksi suara dan mengarahkan manusia yang menjaga mereka ke sumber suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement