Advertisement

Tekan Polusi Udara, PLN Pasang Generator Air Buatan BRIN

Newswire
Senin, 04 September 2023 - 12:07 WIB
Ujang Hasanudin
Tekan Polusi Udara, PLN Pasang Generator Air Buatan BRIN Mist Generator yang dipasang di kantor pusat PLN di Jaklarta. - Antara/HO/PLN

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT. PLN (Persero) memasang mist generator  atau alat semburan air di kantor pusatnya di Jakarta. Alat yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut untuk mendukung upaya pemerintah menekan polusi udara.

EVP Komunikasi Korporat dan TJSL, Gregorius Adi Trianto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/9/2023) menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan PLN untuk bisa menjaga kinerja operasional perusahaan lebih ramah lingkungan.

Advertisement

Mulai dari penerapan teknologi tinggi yang mampu menekan emisi di sektor pembangkitan, penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas dan operasional serta efisiensi energi di lingkungan kerja.

"Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam membuat udara Jakarta yang lebih baik. Berbagai langkah strategis telah kami lakukan dari sisi operasional. Kami juga memasang mist generator buatan BRIN di lantai 16 Kantor Pusat PLN untuk bisa mengurangi polusi udara," kata Gregorius dilansir dari Anatara.

PLN menginformasikan khusus untuk mist generator yang dipakai tersebut memiliki kapasitas spraying 10 liter per menit. Dengan daya tampung 300 liter, mist generator yang digunakan PLN mampu beroperasi 24 jam dan bisa mengurangi polusi dengan signifikan.

Alat itu tidak hanya akan dipasang di Kantor Pusat PLN, tetapi juga kantor PLN lainnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kolaborasi antara pemerintah dan PLN ini mencerminkan upaya konkret dari berbagai pihak untuk mengatasi tantangan polusi udara. Hasil dari upaya ini akan memberi peluang untuk mendapatkan data yang akurat serta mengembangkan solusi lingkungan bersih dan sehat," ujar Gregorius.

Sebelumnya, mist generator tersebut telah dilakukan uji coba. Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto mengatakan hasilnya alat itu dapat mengurangi konsentrasi PM 2,5 secara lokal. Penggunaan mist generator tersebut juga lebih cepat dan efisien dalam menurunkan kadar PM 2,5 dibandingkan dengan penggunaan water spray-nozzle fire yang memerlukan lebih banyak air dan tenaga/pompa.

"Hasil uji coba menunjukkan bahwa mist generator efektif untuk menurunkan konsentrasi polutan dari angka kisaran 100 turun menjadi kisaran 50," ungkap Tri.

Tri mengatakan keunggulan mist generator ialah mampu menghasilkan semburan air dengan ukuran yang halus untuk mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Rektor UII Tak Ingin Dipanggil Profesor dan Tulis Nama di Surat Resmi Cukup Fathul Wahid, Ini Penjelasannya

Jogja
| Jum'at, 19 Juli 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement