Advertisement

Pemda DIY Bakal Utang ke Bank BUMD Rp116 Miliar untuk Pembangunan Jalan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Pemda DIY Bakal Utang ke Bank BUMD Rp116 Miliar untuk Pembangunan Jalan Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASekretaris Daerah (Sekda) DIY, Beny Suharsono menyampaikan pemenuhan infrastruktur dasar antara lain jalan akan terus dilakukan Pemda DIY dengan kemampuan keuangan yang dimiliki. Untuk mendukung pembangunan infrastruktur, 2024 menurut Beny, Pemda DIY berencana mengajukan pinjaman daerah (utang) ke salah bank BUMD di DIY.

“Kami nanti pinjaman daerah kami lakukan rencana kerja sama dengan Bank BPD DIY. Kami kan belum mendapatkan persetujuan dari DPRD, baru rencana. Artinya baru direncanakan, kami akan melakukan pinjaman daerah [utang ke bank BUMD] Rp116 miliar. Fokusnya untuk sampah dan infrastruktur dasar seperti peningkatan jalan sesuai kewenangan provinsi,” katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Ribut-Ribut Food Estate, Ini Penjelasan Lengkapnya

Menurut Beny infrastruktur jalan provinsi di sejumlah titik yang saat ini kondisinya rusak terus dilakukan upaya perbaikan, termasuk pada tahun depan. “Karena sudah menumpuk sekian tahun [jalan sudah dalam kondisi rusak],” katanya.

Selain jalan dari anggaran tersebut menurut Beny penanganan sampah di DIY juga akan dianggarkan menggunakan anggaran tersebut. Pemetaan jalan yang akan dilakukan perbaikan untuk tahun depan pun sedang dilakukan. Beny berharap jalan-jalan yang rusak yang menjadi kewenangan provinsi dilakukan perbaikan tahun depan.

“Kami akan rencanakan menggunakan pinjaman daerah [utang ke bank BUMD] untuk menopang infrastruktur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alat Deteksi Malnutrisi Karya Guru Besar UGM Bisa Digunakan Kurang dari Lima Menit

Jogja
| Kamis, 09 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement