Advertisement

Pelaku Usaha Perlu Pahami Riset Pasar untuk Membangun Usaha di Era Digital

Media Digital
Selasa, 25 Juli 2023 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pelaku Usaha Perlu Pahami Riset Pasar untuk Membangun Usaha di Era Digital Talkshow Makin Cakap Digital 2023 bertajuk Kiat Membangun Usaha di Era Digital. - Dokumentasi Kominfo

Advertisement

JOGJA—Seratusan peserta mengikuti talkshow online yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo menggandeng sejumlah komunitas pada Senin, 24 Juli 2023 malam.

Kegiatan ini salah satunya mengulas tentang bagaimana pentingnya melakukan riset pasar untuk membangun usaha di era digital.

Advertisement

Talkshow yang berlangsung selama dua jam ini dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting dengan moderator Masduki Rahmad.

Narasumber yang dihadirkan dalam talkshow ini diantaranya Manager Ceritasantriid, Aina Masrurin; Kabid Penglolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dskominfo Bantul, Arif Darmawan; dan Founder Jogja Digital Academy, Andang Kirana.

Aina Masrurin menjelaskan strategi-strategi membangun usaha di era digital sekarang ini salah satunya penggunaan sosial media yang sangat cocok untuk promosi agar produk semakin menarik untuk ditawarkan.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Kampus Swasta dan Negeri di Jogja

"Apalagi sekarang gen Z yang sudah banyak menggunakan sosial media, sehingga sangat cocok pelaku usaha mempromosikan produknya, apalagi dikemas dengan cerita-cerita yang emosional," ujar Aina Masrurin saat talkshow berlangsung.

Selain itu, kata Aina, mengundang influencer merupakan salah satu strategi yang tepat untuk me-review produk usaha dan mengupload ke sosial media.

Andang Kirana saat talkshow mengatakan prediksi transaksi e-commerce mencapai sekitar Rp 700 triliun, menurutnya pelaku usaha yang menggunakan sosial media di Indonesia akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.
"Namun melihat kenyataannya banyak pelaku usaha yang memiliki produk bagus, namun kesulitan untuk menjual, makanya saya mendirikan sekolah Jogja Digital Academy, sebagai sarana edukasi tentang pemanfaatan dunia digital," ujar Andang Kirana.

Ia juga tengah gencar menyebarkan literasi dan strategi digital tentang langkah-langkah mendapatkan omset yang besar dari penjualan lewat sosial media.

Jadi yang harus dimengerti, lanjut Andang, pelaku usaha harus mempelajari konten, riset pasar, dan target pasar di sosial media dengan menentukan kata kunci yang tepat. "Pengelolaan sosial media juga sangat penting bagi pelaku usaha di era digital sekarang ini," tuturnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemilik UMKM di Gunungkidul Diminta Melek Teknologi Informasi

Gunungkidul
| Selasa, 30 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement