Advertisement

Hadapi Kemarau Panjang Dampak El Nino, BPBD Kulonprogo Siapkan Rp7 Miliar

Newswire
Sabtu, 10 Juni 2023 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Hadapi Kemarau Panjang Dampak El Nino, BPBD Kulonprogo Siapkan Rp7 Miliar Ilustrasi dropping bantuan air di wilayah kekeringan - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Prediksi kemarau panjang dan kekeringan sebagai dampak El Nino tahun ini direspons oleh Pemkab Kulonprogo lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo dengan menyiapkan dana penanganan Rp7 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo Joko Satya Agus Nahrowi Joko Satya mengatakan pada 2023, Pemkab Kulonprogo menyiapkan anggaran biaya tidak terduga penanganan potensi bencana El Nino atau kemarau panjang sebesar Rp7 miliar.

Advertisement

Anggaran biaya tidak terduga ini digunakan secara keseluruhan, baik untuk distribusi air bersih dan kegiatan penanganan kebencanaan lainnya selama 2023.

"Anggaran secara spesifik untuk penanganan potensi bencana El Nino tidak ada. Namun, pada 2023 ini, Pemkab Kulonprogo menyiapkan BTT sebesar Rp7 miliar," kata Joko Satyo belum lama ini.

BACA JUGA: Jalan Baru Kelok 18 Bantul-Gunungkidul Belum Bisa Dibangun, Masih Tunggu Utang IDB

Ia berharap, El Nino yang diprediksi akan terjadi dalam waktu dekat, tidak membawa dampak bencana di Kulonprogo.

Untuk itu, BPBD Kulonprogo melakukan pemetaan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kekeringan bila ada bencana El Nino.

El Nino berpotensi melanda enam kapanewon (kecamatan), yakni Girimulyo, Kokap, Kalibawang, Samigaluh, Nanggulan dan Sentolo. Enam kecamatan tersebut terdapat 13 desa yang menjadi langganan kekeringan. Pada 2018, sedikitnya 7.000 kepala keluarga di 109 dusun mengalami krisis air.

"Sebanyak 109 dusun tersebut berada di 23 desa di delapan kecamatan, yakni Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, Kokap, Pengasih, Sentolo, Nanggulan dan Panjatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement