Advertisement

Sistem Pemilu 2024, Golkar Yakin Mahkamah Konsitusi Objektif

Newswire
Senin, 05 Juni 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Sistem Pemilu 2024, Golkar Yakin Mahkamah Konsitusi Objektif Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta. Antara - Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia yakin hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan objektif dalam memutuskan uji materi terkait dengan sistem pemilu.

"Kami enggak mau mengandai-andai. Kami masih yakin sembilan hakim konstitusi itu masih punya hati nurani, berpikir jernih, objektif melihat realitas, menjaga reputasi Mahkamah Konstitusi," kata Doli Kurnia di Jakarta, Senin (5/6/2023).

Advertisement

Dia mengatakan pada 2008 silam MK sudah pernah mengeluarkan putusan sistem pemilu proporsional terbuka. Golkar pribadi, kata Doli, sejak bulan Desember pada saat ada berapa pihak yang mengajukan uji materi terkait sistem pemilu, Golkar telah memohon kepada Mahkamah Konstitusi untuk tetap konsisten bahwa pemilu tahun 2024 sebaiknya menggunakan sistem pemilu yang saat ini berlaku, yakni sistem pemilu sistem proporsional terbuka.

BACA JUGA: Soal Kerusuhan di Jalan Tamansiswa, Sultan Minta Masyarakat Kedepankan Bebrayan Paseduluran

"Dan waktu itu juga Golkar yang mengambil inisiatif ketemu dengan tujuh fraksi yang lain di DPR, bahkan Ketua Umum Golkar waktu itu bertemu dengan tujuh ketua umum partai politik lain. Sikapnya jelas dan konsisten sampai sekarang," kata Doli.

Dia meyakini MK akan mendengar aspirasi mayoritas rakyat terkait sistem pemilu. Menurutnya, rakyat menghendaki terlibat langsung dalam pemilu dengan memilih para wakilnya melalui sistem pemilu terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement