Advertisement

Jagung Ketan Ungu, Varietas Tahan Kemarau dan Efektif Mencegah Resistensi Insulin

Sunartono
Rabu, 31 Mei 2023 - 00:17 WIB
Sunartono
Jagung Ketan Ungu, Varietas Tahan Kemarau dan Efektif Mencegah Resistensi Insulin Jagung Ketan ungu ditunjukkan saat pameran di Jogja Agro Technopark (JAP) Nanggulan, Selasa (30/5/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menanam jagung di musim kemarau menjadi kendala tersendiri karena harus membutuhkan banyak air. Akan tetapi kini sedang dikembangkan sebuah varietas jagung yang tidak perlu banyak air dalam proses pertumbuhan sehingga mampu bertahan saat kemarau. Varietas tersebut adalah Jagung Ketan Ungu yang sedang dikembangkan oleh Advanta Seeds Indonesia.

Corporate Affairs and Sustainability Lead Advanta Seeds Indonesia Dina Novitasari menjelaskan jagun ketan ungu lebih berkualitas dengan tekstur pulen dan memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan.

Advertisement

Jagung ini memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Selain itu mengonsumi jagung ketan ungu ini dapat membantu menurunkan resistensi insulin, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kanker hingga mengatasi persoalan obesitas.

"Jagung ini memiliki  beberapa keunggulan mulai dari rasa manisnya, teksturnya seperti ketan, memiliki kandungan tinggi antioksidan, sangat baik untuk kesehatan," ucapnya.

Jagung ini turut dipamerkan dalam Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Tingkat Nasional VIII Tahun 2023 di Jogja Agro Technopark (JAP) Nanggulan, Selasa (30/5/2023).

Ia mengklaim jagung ketan ungu bisa menghasilkan panen 10-12 ton per hektare. Selain itu varietas ini cocok ditanam di DIY, bisa tahan kemarau karena tidak membutuhkan banyak penyiraman air. Jika waktu panen varietas lain berkisar 100 hari, jagung ketan ungu bisa dipanen dalam usia 60 hari atau 70 hari.

"Jagung ungu bisa dikonsumsi mentah tanpa harus dimasak terlebih dahulu jika dipanen pada usia muda," katanya.

Produktivitas benih perusahaannya yang tidak hanya berfokus pada jagung dan tanaman holtikultura. Sejak dua tahun terakhir mengembangkan benih sayuran bermutu tinggi seperti cabai, tomat, kacang panjang dan timun serta sorgum.

Jagung Ketan Ungu menjadi salah satu varietas unggulan dari perusahaan penyedia benih bermutu tinggi, Advanta Seeds Indonesia selain jagung hibrida, jagung manis dan jagung H59. Jagung ini lebih berkualitas karena teksturnya pulen dan kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

“Saya mencicipi tester jagung ketan ungu karena unik. Dari sisi rasa, menurut saya jagung ini lengket seperti ketan, pulen dan tidak terlalu manis sehingga layak dijadikan alternatif bahan pokok,” kata pengunjung pameran, Kusari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement