Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Kemenhub Wacanakan Check In Pesawat Bisa Dilakukan di Stasiun KA Bandara

Szalma Fatimarahma
Minggu, 28 Mei 2023 - 22:47 WIB
Sunartono
Kemenhub Wacanakan Check In Pesawat Bisa Dilakukan di Stasiun KA Bandara Calon penumpang KA Bandara Soetta melakukan top up kartu langganan Personal Frequent Rider (Perfeq Rider) di Jakarta, Kamis (7/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengkaji penyediaan fasilitas check in pesawat di setiap stasiun yang dilewati oleh Kereta Api atau KA Bandara Soekarno Hatta. 

Wacana ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, usai meninjau sarana dan prasarana perkerataapian dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (28/5/2023). 

Advertisement

“Yang kami pikirkan adalah bagaimana check in itu tidak di bandara tetapi bisa di stasiun kereta api, baik di Manggarai, di sini [Stasiun BNI City], atau di tempat lain, Bekasi contohnya,” kata Menhub Budi saat ditemui di Stasiun BNI CIty, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023). 

Selain penyediaan fasilitas check in pesawat di stasiun kereta api, Kemenhub juga berencana untuk menyiapkan konter khusus barang bagi para penumpang yang akan menggunakan moda transportasi KA Bandara maupun KRL. 

Nantinya, barang-barang yang dibawa oleh penumpang akan dikumpulkan di satu konter khusus sehingga tidak perlu kerepotan untuk mengangkutnya sendiri. 

“Barangnya akan dikumpulkan ke dalam satu tempat yang tidak diangkut sendiri, mereka [para penumpang] tidak perlu membawa barangnya sendiri,” jelas Budi.

Seperti diketahui, terdapat empat stasiun di wilayah Jakarta dan Tangerang yang menyediakan layanan KA Bandara Soekarno Hatta. Keempatnya adalah Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, serta Stasiun Batu Ceper. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi PT Railink, terdapat 40 perjalanan untuk KA Bandara Soekarno-Hatta yang berangkat dari Stasiun Manggarai. Perjalanan pertama kereta api bandara tersebut adalah pada pukul 05.07 setiap harinya. 

Selanjutnya, perjalanan terakhir KA Bandara dioperasikan pada pukul 19.37 WIB. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 50 menit.

Adapun waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara BNI City menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 47 menit. Waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara Duri menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 27 menit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemilu 24024, Guru ASN di DIY Diminta Menjaga Netralitas

Jogja
| Rabu, 04 Oktober 2023, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement