Advertisement

Jelang Waisak, Candi Banyunibo di Prambanan Dihijaukan

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 Mei 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Waisak, Candi Banyunibo di Prambanan Dihijaukan Kegiatan penanaman pohon di kawasan Candi Banyunibo, Bokoharjo, Prambanan yang diikuti karyawan AstraZeneca Indonesia, Kamis (25/5 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menjelang Hari Raya Waisak, sejumlah elemen masyarakat dan swasta bergerak melakukan penghijauan di kawasan Candi Banyunibo yang berada di Dusun Cepit, Kalurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Kamis (25/5/2023).

Candi Banyunibo merupakan candi Budha yang letaknya tidak jauh dari candi-candi lain seperti Candi Barong, Candi Ijo, dan Kompleks Ratu Boko. Candi Banyunibo di Sleman itu memiliki luas lahan sekitar 2.500 meter persegi dan berada di antara ladang tebu dan persawahan milik warga.

Advertisement

BACA JUGA: Akses ke Banyunibo Repotkan Para Bajingan

Aktivis organisasi nonpemerintah Trees4Trees yang bergerak di bidang lingkungan, Pandu Budi Wahono menyebut sejumlah varietas pohon yang ditanam di Candi Banyunibo di antaranya jenis damar, jabon, jati, mahoni, alpukat, durian, sawo dan jenis tanaman hias seperti jenis pucuk merah.

Gerakan tanam pohon yang dilakukan di kawasan cagar budaya seperti Candi Banyunibo, lanjut Pandu, itu tidak asal tanam kemudian ditinggal. Pepohonan yang ditaman akan terus dipantau dan dievaluasi dalam satu tahun ke depan untuk mencapai target yang diinginkan.

"Berbagai varietas tanaman kami tanam di kawasan Candi Banyunibo dan akan kami pantau perkembangannya selama satu tahun ke depan," ujar Pandu di sela gerakan tanam pohon di Candi Banyunibo, Kamis (25/5/2023).

BACA JUGA: Senam Cinta Tanah Air Ramaikan Sport Tourism di Sleman

Gerakan penghijauan di kawasan candi ini juga terlibat organisasi nonpemerintah lain seperti National Safety Council (NSC) serta perwakilan swasta AstraZeneca Indonesia.

Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon mengatakan Indonesia selama ini menjadi salah satu negara yang masuk dalam sasaran gerakan penghijauan global AZ Forest yang digulirkan perusahannya. "Untuk Indonesia kami menargetkan penanaman sebanyak 20 juta pohon sampai tahun 2025," kata dia.

Pihaknya berharap program tahunan ini dapat memberikan andil dalam membantu pemerintah mencapai target dari komitmen untuk Indonesia dengan lingkungan hidup yang semakin berkelanjutan. "kami berharap kegiatan ini dapat membantu menghijaukan kembali Kawasan Wisata Candi Banyunibo dan dapat membantu memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement