Advertisement

Luhut Terus Pepet Investor China Agar Buka Pabrik di Indonesia

Rio Sandy Pradana
Rabu, 24 Mei 2023 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Luhut Terus Pepet Investor China Agar Buka Pabrik di Indonesia Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Percepatan Penanganan Limbah B3 Medis Covid-19 pada Senin (2-08-2021). - Ist/dok maritim.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan terus membujuk investor China untuk membuka pabriknya di Indonesia. Kali ini dia mengincar Jushi, salah satu produsen serat kaca terbesar di dunia.

Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu diminta untuk menanamkan modal di Tanah Air. Langkah tersebut dilakukan saat Luhut melakukan kunjungan ke Jushi, salah satu perusahaan multinasional China, yang berbasis di Kota Tong Xiang.

Advertisement

BACA JUGA: Luhut Ajak 2 Perusahaan China untuk Tambah Investasi di Indonesia

"Tingginya permintaan pasar global akan fiberglass, akhirnya mendorong saya untuk meminta mereka segera membuka pabriknya di Indonesia," katanya dalam akun Instagram resminya, dikutip Rabu (24/5/2023).

Dia menuturkan Indonesia punya kekayaan pasir silika yang menjadi bahan baku dasar dari industri ini sehingga kunjungan mereka setahun yang lalu untuk melakukan survei dan penelitian pembangunan dapat segera diwujudkan.

Menurutnya, pasir silika yang jumlahnya melimpah di negeri ini tidak hanya akan ditambang dan diekspor mentahnya saja, tetapi akan menghadirkan puluhan ribu industri turunan yang akan memberikan peningkatan nilai tambah pada komoditas yang diolah.

Luhut menilai semangat hilirisasi industri untuk menambah pendapatan negara bisa berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Saya yakin dan percaya bahwa hilirisasi industri adalah faktor penting yang sangat berpengaruh pada resiliensi dan pertumbuhan ekonomi indonesia saat ini," katanya.

BACA JUGA: Indonesia Diminta Ekspor Listrik Bersih ke Singapura, Luhut Marah

Jushi adalah salah satu produsen serat kaca terbesar di dunia, bahan yang digunakan dalam berbagai produk industri termasuk komposit, insulasi, dan bahan konstruksi.

Serat kaca juga termasuk bahan yang kuat dan ringan dengan sifat isolasi dan tahan api, menjadikannya sebagai bahan dasar hi-tech populer dalam berbagai aplikasi di dunia untuk industri berat, rumah tangga hingga olahraga.

Jushi juga telah mengembangkan jaringan penjualan dan pelayanan global yang mencakup lebih dari 100 negara dan wilayah, serta mendirikan beberapa basis produksi diantarnya di Amerika Serikat dan Mesir untuk lebih dekat dengan pasar mereka dan memberikan pelayanan terbaik kepada customer perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Bandara YIA Kulonprogo-Stasiun Tugu Jogja, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement