Advertisement

Joe Biden Akan Umumkan Bantuan Militer ke Ukraina, Termasuk Jet Tempur

Rendi Mahendra
Sabtu, 20 Mei 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
Joe Biden Akan Umumkan Bantuan Militer ke Ukraina, Termasuk Jet Tempur Jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA‚ÄĒPresiden AS Joe Biden berencana untuk mengumumkan bantuan militer senilai 375 juta dolar AS ke Ukraina setelah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di KTT Kelompok Tujuh (G7) di Jepang akhir pekan ini.

Paket tersebut akan mencakup lebih banyak peluru artileri, kendaraan lapis baja, dan senjata anti-tank, kata para pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama.

Advertisement

Berita itu mengikuti laporan bahwa AS akan mengizinkan transfer jet tempur F-16 Amerika ke Ukraina dan akan mendukung upaya koalisi internasional untuk melatih pilot Ukraina untuk mengoperasikan pesawat.

BACA JUGA : Sebut Ukraina Bisa Menang, Joe Biden Khawatir Vladimir

Dalam peran pertempuran udara, kemampuan manuver dan radius tempur F-16 (jarak yang dapat diterbangkannya untuk memasuki pertempuran udara, bertahan, bertempur, dan kembali) melebihi semua potensi ancaman pesawat tempur.

Jet tempur ini dapat menemukan target di semua kondisi cuaca dan mendeteksi pesawat terbang rendah di gangguan radar.

Dalam peran udara-ke-permukaan, F-16 dapat terbang lebih dari 500 mil (860 kilometer), mengirimkan senjatanya dengan akurasi tinggi, mempertahankan diri dari pesawat musuh, dan kembali ke titik awalnya.

Kemampuan segala cuaca memungkinkannya mengirimkan persenjataan secara akurat selama kondisi pengeboman non-visual. Sementara langkah Biden itu sangat berbeda dengan sikap pemerintahan Biden yang tidak akan memberikan jet kepada Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! Kereta Bandara YIA Reguler Sabtu 3 Juni 2023

Jogja
| Sabtu, 03 Juni 2023, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Siap-siap Gobyos! Ini Rekomendasi Warung Oseng Mercon di Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Juni 2023, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement