Advertisement

Data Nasabah BSI Bocor, Ini Komentar Erick Thohir

Wibi Pangestu Pratama
Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Data Nasabah BSI Bocor, Ini Komentar Erick Thohir Logo PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) di kantor pusat yang berada di Jakarta. - Bloomberg/Dimas Ardian

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir menampik isu adanya kebocoran data PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) atau BSI. Menurutnya, bisa saja info yang beredar bisa saja hanya berupa tangkapan layar atau screenshot.

Erick menyampaikan dirinya meyakini tidak terdapat kebocoran data BSI sebagaimana isu yang beredar. Dia juga memastikan bahwa data dan dana nasabah BSI tetap aman saat terjadi gangguan sistem sejak Senin (8/5/2023).

Advertisement

Ketika gangguan terjadi, Erick menyatakan bahwa langsung berkomunikasi dengan Direktur Utama BSI Hery Gunardi untuk memastikan keamanan sistem bank tersebut. Erick mendapatkan laporan bahwa pemulihan berangsung dan data terlindungi.

“Sempat [berkembang isu], wah data ini bocor, ternyata enggak. Kan sudah dijawab. Bahwa itu bisa aja screenshot,” ujar Erick melalui keterangan resmi, Jumat (19/5/2023).

Manajemen BSI menyatakan sistem perbankannya kini telah kembali berjalan normal, setelah sempat mengalami gangguan beberapa hari. Layanan di kantor cabang, ATM, dan BSI Mobile sudah bisa digunakan kembali secara normal.

BSI juga telah menyelesaikan 100 persen pelunasan biaya calon jemaah haji 1444 H yang berjumlah 161.455 orang. Manajemen juga memastikan bahwa dana haji milik jemaah tetap aman dan terjaga meskipun sempat terjadi gangguan sistem.

BSI membukukan kenaikan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) harian dan mencetak volume setoran senilai hampir Rp1 triliun pada operasional Selasa (16/5/2023), yang berasal dari 40.142 transaksi. Angka meningkat sejak BSI menggelar operasional bank di luar hari kerja pada Sabtu (13/5/2023) dan Minggu (14/5/2023) untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bandara YIA Mulai Melayani Penerbangan Umroh Agustus 2023, Ini Maskapainya

Kulonprogo
| Senin, 05 Juni 2023, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Bukan Laut Mati, Ternyata Perairan Paling Asin di Bumi Ada di Kolam Ini

Wisata
| Minggu, 04 Juni 2023, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement