Advertisement

Ketahui, 5 Tanda Temanmu Adalah Sahabat Sejati Sehidup Semati

ST22
Sabtu, 13 Mei 2023 - 09:57 WIB
Jumali
Ketahui, 5 Tanda Temanmu Adalah Sahabat Sejati Sehidup Semati Ilustrasi persahabatan - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sahabat sering disebut sebagai seseorang maupun mereka yang selalu menghabiskan waktu bersama entah berbagi kisah sedih maupun penuh tawa, menerima apa adanya tanpa memandang fisik. Tak jarang melempar pujian maupun kritikan satu sama lain.

BACA JUGA: Kisahkan Persahabatan, Close Sabet Puluhan Penghargaan

Advertisement

Sudahkah teman yang mungkin kamu sebut-sebut sebagai sahabat sejati itu memenuhi kriteria tersebut? Selain hal telah disebutkan ada pula tanda lainnya yang bisa kamu simak di ulsan berikut, jika masih ragu apakah temanmu adalah sahabat sejati sehidup semati.

1. Rasa aman saat berbagi keluh kesah

Terkadang saat ada permasalahan yang mengganggu pikiran, berkeluh kesah sering menjadi solusi. Akan tetapi tak semua orang dapat membuat kamu nyaman untuk bercerita apa adanya. Berbeda dengan sahabat sejati entah masalah atau segala jenis rahasia akan begitu mudah tertuang secara mendetail karena perasaan aman serta kepercayaan kepadanya. Bahkan disaat bersamanya kamu dapat menjadi diri sendiri tanpa merasa khawatir akan dinilai buruk oleh temanmu atau memaksa kamu untuk menjadi orang yang bukan dirimu.

2. Jujur atau tidak segan untuk mengkritik maupun menegur

Berbohong akan berada di urutan paling terakhir atau bahkan tidak masuk dalam daftar. Kejujuran antara satu sama lain membuat persahabat terasa aman atau tidak tersakiti, sekalipun hal yang diutarakan berupa kritik atau teguran terkadang diikuti nasihat misalnya saat tanpa sadar diri kita keluar jalur.

3. Menghargai batasan

Kesibukan masing-masing terkadang membuat temanmu berada di situasi yang selalu ada untukmu, namun seorang teman yang baik mengerti dan bersedia menunggu hingga kamu memiliki waktu atau dalam posisi untuk berbicara dengannya.

4. Ikut bahagia dan mendukung cita-cita

Segala pencapaian yang kamu dapati atau sekedar menghabiskan waktu dengan teman yang lain tidak akan membuat seorang sahabat sejati merasa iri. Mereka justru ikut bahagia dan merayakannya bersamamu, begitu juga saat berhadapan masa-masa sulit. Tak lupa sahabat sejati juga akan mendukung cita-citamu bahkan memberi motivasi, mengingatkan kamu untuk menghentikan kebiasaan buruk, dan sejenisnya.

5. Tumbuh bersama meski tak bersama

Waktu adalah ujian terbesar dalam sebuah hubungan begitu pula dengan persahabatan, sahabat sejati sehidup semati tentu akan memiliki ikatan yang tetap utuh selamanya. Bahkan meski terpisahkan jarak sahabat sejati adalah mereka dapat tumbuh secara terpisah tanpa tumbuh terpisah, seperti ungkapan dari Elisabeth Grace Foley.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement