Advertisement

Timor Leste Didukung Masuk Keanggotaan Penuh Asean

Erta Darwati
Jum'at, 12 Mei 2023 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Timor Leste Didukung Masuk Keanggotaan Penuh Asean Perdana Menteri (PM) Timor Leste Taur Matan Ruak memberikan pidato saat pembukaan KTT Asean 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT pada Rabu (10/5 - 2023). Dok BPMI Setpres RI.

Advertisement

Harianjogja.com, LABUAN BAJO—Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asean, dan Kepala Negara Asean mendukung Peta Jalan keanggotaan Timor Leste. Berdasarkan kesepakatan, pada prinsipnya Timor Leste telah diakui sebagai anggota ke-11 Asean. 

"Kami menyambut baik partisipasi Perdana Menteri Timor-Leste untuk pertama kalinya dalam KTT Asean sebagai pengamat," kata statement Kepala Negara Asean. 

Advertisement

Para Kepala Negara Asean menegaskan kembali dukungan untuk Timor Leste dalam upaya untuk merangkul jalan Komunitas Asean. 

"Kami mengadopsi Peta Jalan untuk keanggotaan penuh Timor Leste di Asean," lanjut statement para Kepala Negara Asean. 

Baca juga: Pastur yang Kena Bacok di Gereja Bedog 2018 Silam Terima Gelar Doktor HC dari ISI Jogja

Selain itu, berdasarkan dokumen Chairmans Statement KTT Asean 2023, para Kepala Negara Asean juga terus mendorong Timor Leste untuk terus melakukan persiapan guna menjadi anggota Asean. 

"Mendorong Timor Leste untuk mengintensifkan upaya menuju persiapan untuk keanggotaan penuh Asean," ujarnya. 

Para Kepala Negara Asean juga menegaskan untuk menyediakan dukungan lain yang diperlukan dan relevan untuk keanggotaan penuh Timor Leste di Asean. 

"Kami menegaskan kembali dukungan untuk Timor-Leste untuk mencapai tonggak sejarah melalui penyediaan kapasitas- bantuan bangunan dan dukungan lain yang diperlukan dan relevan untuk keanggotaan penuh Timor Leste di Asean," tambahnya. 

Sementara itu, Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak menyampaikan apresiasinya kepada semua Kepala Negara Asean karena bersedia merealisasikan Timor Leste untuk menjadi anggota Asean pada tahun ini.

PM Timor Leste Taur Matan Ruak mengatakannya dalam KTT Ke-42 Asean 2023 di Labuan Bajo, NTT, pada Rabu (10/5/2023). 

"Kita berada di sini untuk berada sebagai anggota sehingga kami akan menjalankan kewajiban kami untuk bisa menjadi anggota Asean secara penuh,” ujarnya. 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement