Advertisement

Rangkaian KTT Asean 2023 Labuan Bajo Mulai Hari Ini

Szalma Fatimarahma
Selasa, 09 Mei 2023 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rangkaian KTT Asean 2023 Labuan Bajo Mulai Hari Ini Deretan bendera negara-negara Asean berkibar di kawasan Hotel Ayana Labuan Bajo, NTT jelang perhelatan KTT Asean 2023. JIBI - Feni Freycinetia.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asean atau Asean Summit 2023 akan dimulai 9 hingga 11 Mei 2023 mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan, konferensi yang bertempat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu akan diikuti oleh 8 pemimpin, Sekretaris Jenderal Asean, serta Perdana Menteri Timor Leste. 

Advertisement

Hal ini diungkapkan oleh Retno dalam press briefing Menteri Luar Negeri RI jelang KTT Asean pada Jumat (5/5/2023) lalu. 

Menlu Retno memastikan bahwa pemerintah Myanmar tidak diundang pada level politik pada KTT Asean Labuan Bajo tahun ini. Hal ini sesuai dengan keputusan yang diambil oleh para leaders. 

Menlu juga menyatakan bahwa PM Thailand tidak dapat hadir mengingat Pemilu di negara itu akan dilakukan pada 14 Mei 2023. 

Baca juga: Jadi Lokasi KTT Asean, Ini 8 Wisata Pantai Hits Labuan Bajo

Nantinya, kehadiran PM Thailand akan digantikan oleh deputi Thailand yang menjadi utusan khususnya di KTT ke-42 Asean. 

“Mengenai delegasi sejauh ini yang sudah teregistrasi jumlahnya 776 orang dan jurnalis 400 orang, baik dari media nasional maupun internasional,” sambungnya dikutip Bisnis, Senin (8/5/2023). 

Rangkaian KTT Asean 2023

Sementara itu, terkait rangkaian KTT ke-42 Asean, Retno menyampaikan bahwa pelaksanaan konferensi ini diawali dengan pertemuan para duta besar Asean (CPR) dan SOM pada hari ini, Senin (8/5/2023). 

Pada keesokan hari, yakni Selasa (9/5/2023, acara akan dilanjutkan dengan pertemuan menteri luar negeri negara-negara Asean yang hadir dalam konferensi tahun ini. 

“10-11 Mei adalah KTT-nya itu sendiri. Sebelum rangkain itu dimulai, terdapat juga pertemuan di tiga pilar utama, Asean Economic Community (AEC), Asean Socio-Cultural Community (ASCC), dan Asean Political-Security Community (APSC),” jelas Retno. 

Pada penyelenggaraan KTT Labuan Bajo, ujarnya, akan ada delapan pertemuan yang tujuh di antaranya akan dipimpin oleb Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

Kedelapan pertemuan itu adalah KTT dalam bentuk pleno, interface dengan AIPA (parlemen), interface dengan youth, interface dengan ABAC (bisnis), interface dengan high level task force (HLTF) yang akan dilakukan pada 10 Mei 2023. 

Kemudian, pertemuan KTT Labuan Bajo dalam bentuk retreat, dua pertemuan sub regional, yakni IMT GT yang akan dihadiri oleh Indonesia, Malaysia, Thailand, serta BIMP EAGA yang dihadiri Brunei Darussalam, Indonesia, Filipina, dan Malaysia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Transmigrasi, DIY Dapat Kuota 16 Kepala Keluarga

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement