Advertisement

Para Menteri Ekonomi Membahas 4 Isu Menjelang KTT ASEAN 2023

Wibi Pangestu Pratama
Senin, 08 Mei 2023 - 02:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Para Menteri Ekonomi Membahas 4 Isu Menjelang KTT ASEAN 2023 Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan menteri ekonomi negara-negara Asean menghadiri acara The 22nd Asean Economic Council Meeting (AECC) di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Minggu (7/5 - 2023). Dok Kemenko Perekonomian.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Menteri Dewan Masyarakat Ekonomi Asean menggelar pertemuan di Jakarta untuk membahas berbagai persoalan. Mulai dari isu netralitas karbon hingga pengembangan kendaraan listrik menjelang penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. 

Pertemuan Menteri Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau Asean Economic Community Council (AECC) ke-22 berlangsung pada 6—7 Mei 2023 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Agenda itu merupakan bagian dari rangkaian Keketuaan ASEAN oleh Indonesia.

Advertisement

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa pada terdapat sesi pertemuan khusus para menteri ekonomi dalam format retret (retreat). Para menteri akan membahas berbagai isu keberlanjutan di ASEAN, terutama dari aspek ekonomi.

Isu pertama yang menjadi sorotan, yaitu pengembangan strategi netralitas karbon ASEAN. Kedua, mengenai implementasi kerangka kerja ekonomi sirkular ASEAN.

Isu ketiga yang menjadi pembahasan mengenai upaya transisi energi negara-negara Asia Tenggara. Lalu, keempat mengenai kerja sama pengembangan ekosistem kendaraan listrik di ASEAN.

“ASEAN memiliki kesamaan pandangan bahwa agenda keberlanjutan merupakan masa depan perekonomian Asean dan berkomitmen untuk bekerja sama mendorong perekonomian berkelanjutan di Asean,” ujar Zulkifli, Minggu (7/5/2023).

Dia menyatakan bahwa para menteri berpandangan penting untuk memperhatikan tingkat pembangunan masing-masing negara ASEAN dalam pembahasan itu. Seluruh inisiatif yang muncul pun harus bersifat inklusif.

Indonesia akan membahas berbagai poin prioritas perekonomiannya dalam Keketuaan Asean, untuk kemudian melaporkannya kepada kepala negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Adapun, KTT ke-42 ASEAN akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9—11 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement