Advertisement

Kronologi Insiden Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023

Restu Wahyuning Asih
Sabtu, 06 Mei 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Kronologi Insiden Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023 Tangkapan layar video pre/opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja yang terdapat insiden Bendera Indonesia terbalik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Insiden terbaliknya Bendera Merah Putih pada pembukaan SEA Games 2023 memaksa Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kamboja Hang Chuon Naron turun tangan. Ia juga menyampaikan permohonan maafnya atas insiden tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik.

Advertisement

BACA JUGA: Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023, Indonesia Kirimkan Nota Protes

Mereka juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang pada upacara pembukaan Sea Games 2023.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry dalam keterangan tertulis di Phnom Penh, Jumat.

Kronologi

Adapun kronologi bendera terbalik yang akhirnya viral di media sosial itu karena diawali kepanikan panitia akibat misinformasi.

Pasalnya saat itu, Opening Ceremony dijadwalkan berlangsung pada 19.00 waktu setempat. Namun, para penonton yang menyaksikan langsung upacara pembukaan sudah mulai memasuki stadion.

Penonton diminta untuk datang lebih cepat, setelah mendapat informasi bahwa acara akan dimajukan. Sembari bersiap, panitian akhirnya menyuguhkan pre-show sebelum dimulainya opening ceremony yang ditayangkan langsung di kanal YouTube.

Saat itu, insiden bendera terbalik pun terjadi. Kesalahan pun langsung diperbaiki di acara Opening.

BACA JUGA: Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023: Dulu Malaysia, Sekarang Kamboja

"“Itu bendera terbalik sebelum pembukaan (SEA Games 2023),” ucap Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari pada Jumat (5/5/2023).

Untuk diketahui, Sea Games 2023 Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta olahraga solidaritas negara kawasan Asean.

Tim Indonesia untuk Sea Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabang olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement