Advertisement

Elektabilitas PDIP Anjlok Gegara Tolak Israel, Megawati Keluarkan Instruksi untuk Kader

Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 13 April 2023 - 16:47 WIB
Sunartono
Elektabilitas PDIP Anjlok Gegara Tolak Israel, Megawati Keluarkan Instruksi untuk Kader Elektabilitas PDIP Turun Imbas Piala Dunia U-20, Kader Dapat 'PR' dari Megawati. Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri - Dok. PDIP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Elektabilitas PDIP anjlok gegara sikap partai dan sejumlah kadernya yang menyatakan penolakan terhadap Israel bermain Piala Dunia U-20 yang berdampak pada gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan menginstruksikan kepada kader agar mengembalikan elektabilitas tersebut.

Megawati melakukan rapat tertutup dengan anggota Fraksi PDIP DPR RI di Sekolah Partai, Jakarta Selatan pada Sabtu (9/4/2023). Politikus PDIP Aria Bima mengatakan salah satu tujuan Megawati memanggil kadernya yang bertugas di DPR juga untuk menyikapi penurunan elektabilitas PDIP belakangan, yang diyakini akibat penolakan terhadap Timnas Israel U-20 berlaga di Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA : Piala Dunia U-20 Batal, Ganjar dan Koster Didesak

Dia menerangkan, Megawati ingin anggota Fraksi PDIP DPR turun ke masyarakat untuk kembali menaikkan elektabilitas partai. "Yang jelas ada kontraksi yang akibat penolakan Israel U-20 itu. Kan banyak yang lembaga survei mengatakan elektabilitas PDI kan turun. Nah ini dikuatkan," ucap Aria di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/4/2023).

Dia juga tak memungkiri bahwa ada pembicaraan terkait calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres). Meskipun demikian, Megawati hanya menegaskan bahwa kadernya tak perlu mengurusi soal pencapresan.

"Ibu menegaskan, 'Semua yang menyangkut capres-capresan adalah urusan ketua umum, kamu turun dan turun, apalagi dalam suasana Ramadan dan Idulfitri, nanti harus banyak menyapa rakyat'," ungkap Aria.

Selain itu, Megawati ingin menekankan ke kadernya agar tetap tegak lurus terhadap ideologi partai. "Jalan ideologinya adalah Trisakti, berdaulat di bidang politik, berkepribadian di bidang budaya, dan berdikari dalam bidang ekonomi. Ibu menegaskan sikap partai," jelas Aria.

Dia mengatakan, Megawati ingin kembali menegaskan PDIP merupakan partai ideologis. Oleh sebab itu, klaimnya, PDIP bukan tempat berburu kekuasaan dan kekayaan materiil.

BACA JUGA : Ada Peran Megawati di Balik Pernyataan Ganjar Pranowo

Megawati ingin PDIP menjadi alat perjuangan untuk mewujudkan cita-cita Trisakti tadi. Aria mengungkapkan, Megawati menyuruh kader yang tak berideologi segera keluar. "Yang tidak ideologis go ahead [silakan], disuruh keluar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement