Advertisement

Ada Peran Megawati di Balik Pernyataan Ganjar Pranowo Terkait Penolakan Israel

Hesti Puji Lestari
Senin, 03 April 2023 - 14:57 WIB
Sunartono
Ada Peran Megawati di Balik Pernyataan Ganjar Pranowo Terkait Penolakan Israel Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menolak timnas Israel untuk datang ke Piala U-20. Setelah statemen ini muncul, maka FIFA langsung mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah di Piala U-20. - ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut nama Megawati saat berbicara tentang penolakan timnas Israel oleh Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster menjadi dua orang yang disalahkan atas batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ganjar sebelumnya menyatakan, penolakan kehadiran Timnas Israel dalam FIFA World Cup U-20 di Indonesia berdasarkan atas komitmen Presiden RI ke-1 Sukarno soal Palestina. Akan tetapi, belakangan muncul rumor jika pernyataan Ganjar dan Wayan Koster tersebut hanyalah perintah partai.

Advertisement

BACA JUGA : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam

Teka-teki ini bahkan mungkin akan ditemukan dalam wawancara terbaru antara Najwa Shihab dengan Gubernur Jateng tersebut. Sayangnya, kapan tayangan wawancara itu akan rilis masih belum diumumkan.

Di sisi lain pada 30 Maret 2023 lalu, Hasto Kristiyanto sudah secara terang-terangan menyebut nama Megawati ketika ditanya soal pernyataan dua kader PDIP soal penolakan timmas Israel.

Hasto membenarkan hal itu dengan menyebut Megawati sebagai sosok yang telah menanamkan nilai kepada setiap kader PDIP.

Nilai-nilai inilah yang disebut membuat Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepakat untuk menolak Timnas Israel.

"Ibu Megawati sudah meletakkan bagaimana berpolitik ini kokoh. Bagaimana ketika ada yang mencoba menunda Pemilu, maka sikap Ibu Mega juga kokoh. Sehingga kemudian sikap kokoh itu kemudian menjalar ke seluruh kader-kader PDIP," kata Hasto di Gelora Bung Karno pada Kamis (30/3/2023).

Hasto juga mengatakan jika nilai yang ditanamkan Megawati tersebut kemudian diimplementasikan Wayan Koster dan Ganjar Pranowo. "Pak Koster dan Pak Ganjar juga kader PDIP yang lain telah menunjukkan sikapnya yang kokoh secara ideologis," jelasnya.

BACA JUGA : Ganjar dan Jokowi Kompak Resmikan Tambak Udang

Soal Piala Dunia U-20, Hasto mengatakan jika Megawati sebenarnya mendukung acara tersebut. Hal ini dibuktikan saat Ketum PDIP itu memindahkan peringatan HUT PDIP ke-50 dari GBK.

"Sejak awal, PDI Perjuangan tidak pernah menolak Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia. Yang ditolak keikutsertaan Israel. Bahkan peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dipindah dari GBK dalam rangka mendukung pelaksanaan U-20," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement