Advertisement

Pasukan Ukraina Tembaki Temannya Sendiri Karena Menyerah Saat Perang

Erta Darwati
Rabu, 08 Maret 2023 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Pasukan Ukraina Tembaki Temannya Sendiri Karena Menyerah Saat Perang Kendaraan tempur infanteri BMP-2 Ukraina di tengah serangan Rusia di Ukraina, dekat garis depan Kota Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina 3 Maret 2023. REUTERS - Alex Babenko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Salah satu prajurit Ukraina Oleg Bilenko mengungkapkan 5 prajurit termasuk dirinya ditembak dengan senapan oleh sesama tentara ketika mencoba menyerah di Kota Maryinka di Donetsk (DPR). 

Bilenko menjadi satu-satunya prajurit yang selamat dari serangan itu. Dia mengatakan bersama 4 prajurit lainnya tiba di Maryinka pada awal Januari lalu, sebagai bagian dari Brigade Serangan Udara Terpisah ke-79 Ukraina. 

Advertisement

Adapun 5 prajurit tersebut ditugaskan untuk memegang rumah lokal, yang diubah menjadi pos berbenteng, seperti dilansir dari TASS, Rabu (8/3/2023).

Pada 16 Januari, pos tersebut dihancurkan oleh serangan langsung dari tank. Terdapat 5 prajurit yang berada di dalam rumah pada saat itu, menerima luka pecahan dan mencoba menyerah.

"Namun, kami ditembaki dengan senapan mesin dari rumah tetangga. Mereka (pasukan Kyiv) dengan jelas melihat bahwa kami berada di pihak mereka, bahwa kami membutuhkan bantuan," katanya.

Akibatnya, 4 prajurit tewas seketika, sedangkan Bilenko satu-satunya yang selamat, berhasil berlindung di tempat yang aman.

Meski begitu, keadaan Bilenko saat itu terluka parah, tetapi dia kini sudah menerima perawatan medis di Donetsk.

Kota Maryinka terletak di sebelah barat Donetsk. Pejabat Kepala Donetsk (DPR) Denis Pushilin sebelumnya mengatakan bahwa pasukan Ukraina melakukan perlawanan sengit di daerah itu. 

BACA JUGA: Mahfud MD Ungkap Pergerakan Uang Tak Wajar Rp300 Triliun di Ditjen Pajak dan Bea Cukai

Sisa-sisa pertempuran kelompok Ukraina telah terlihat di sektor perumahan di pinggiran kota, di mana semua bangunan tinggi berada di bawah kendali tentara Rusia. 

Kontrol atas Kota Maryinka akan membuka jalan dari Krasnogorovka, tempat di mana pasukan Ukraina menembaki Donetsk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

6 Rekomendasi Platform Kurban Online

Jogja
| Minggu, 16 Juni 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement