Advertisement

Jokowi Pastikan Jalan Tol di Ibu Kota Nusantara Rampung Akhir 2024

Akbar Evandio
Kamis, 23 Februari 2023 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Pastikan Jalan Tol di Ibu Kota Nusantara Rampung Akhir 2024 Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN. - Dok. Kementerian PUPR.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo memastikan Proyek Jalan Tol Kawasan Inti Ibu Kota Nusantara (IKN) akan selesai pada akhir 2024.

Target itu dia sampaikan seusai meninjau Proyek Jalan Tol Kawasan Inti IKN, Balikpapan, Rabu (22/2/2023).

Advertisement

“Insyaallah akan diselesaikan pada akhir 2024 ke kawasan inti,” katanya, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (22/2/2023).

Jokowi menegaskan  infrastruktur jalan penghubung ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN.

“Ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 40-an kilometer dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan lapangannya, kita bisa lihat, kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara,” katanya.

Meski begitu, Jokowi menegaskan agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut tetap berprinsip terhadap konsep yang ditetapkan secara bersama yaitu kota hutan dan kota pintar (forest city and smart city).

“Yang paling penting yang selalu saya ingatkan untuk yang di lapangan yang berkaitan dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia melanjutkan apabila pembangunan yang dilakukan keluar dari konsep tersebut, dia akan langsung memberikan teguran kepada pihak yang melanggar.

BACA JUGA: Peta Gempa Terbaru, Sesar Mataram Ada di Jalur Tol Jogja Solo

Kepala Negara juga angkat bicara mengenai salah satu kendala dari pembangunan IKN, yaitu pembebasan lahan.

Hal ini menjadi masalah pokok dalam sudut pandang lantaran eksistensi tanah masyarakat, tanah adat, tanah ulayat, bahkan ada tanah kesultanan, juga ada tanah swasta dan Hak Guna Usaha (HGU) yang penanganan dan pengelolaanya harus diketahui secara pasti.

Dia melanjutkan bahwa segala urusan tersebut dipastikan akan diselesaikan pada Maret 2023, di mana pembebasan lahan tersebut tak hanya terbatas untuk proyek tol tetapi juga lahan IKN secara keseluruhan

“Tak ada, tak ada, kemarin iya tetapi hari ini sudah diinformasikan oleh Menteri PUPR sudah tidak ada masalah. Nanti Maret dibayar, minggu depan [akan diselesaikan pembebasan lahanny, termasuk pembebasan lahan di IKN] ini sama, saya kira pendekatannya sama, jangan sampai ada masyarakat yang saya sampaikan kepada Kepala Otorita IKN Pak Bambang bahwa jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan oleh pembangunan Ibu Kota Nusantara ini,” ujar Jokowi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement