Advertisement

Ini Perbandingan Hukuman Richard Eliezer, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi

Lukman Nur Hakim
Rabu, 15 Februari 2023 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Perbandingan Hukuman Richard Eliezer, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Richard Eliezer alias Bharada E memberikan salam saat tiba dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (15/2/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan - hp.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memutus Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E divonis satu tahun enam bulan atau 1,5 tahun dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J.

Putusan ini membuat hukuman yang diterima empat terdakwa lain dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua berbeda signifikan. Jika melihat apa yang didapatkan empat terdakwa lainnya, putusan 1,5 tahun penjara putusan paling kecil dibanding vonis empat terdakwa lainnya.

Advertisement

Merunut dari putusan vonis tertinggi, dalam kasus ini Ferdy Sambo, orang yang merencanakan pembunuhan, dijatuhu vonis hukuman mati.

Hakim melihat ada 7 hal yang memberatkan, sehingga Sambo dihukum mati. Pertama, perbuatan terdakwa dilakukan terhadap ajudan sendiri yang telah mengabdi selama tiga tahun. Kedua, terdakwa mengakibatkan duka mendalam bagi keluarga korban. Ketiga perbuatan terdakwa menyebabkan kegadugan di masyarakat.

“Keempat, perbuatan terdakwa tidak pantas dalam kedudukanna sebagai aparat penegak hukum dalam hal ini Kadiv Propam. Kelima perbuatan terdakwa telah mencoreng institusi Polri di mata Indonesia dan dunia,” ujar Wahyu di PN Jaksel, Senin (13/2/2023).

Keenam, perbuatan terdakwa menyebabkan anggota Polri lain terlibat. Ketujuh, terdakwa berbelit-belit, serta tidak mengakui perbuatannya.

Lalu, untuk istri dari Sambo, Putri Candrawathi, yang menjadi asal muasal pembunuhan Brigadir J, divonis 20 tahun penjara.

Putusan itu dikeluarkan setelah majelis hakim menilai bahwa dugaan kekerasan seksual yang diduga dialami Putri oleh Yosua tidak pernah terjadi, dan kejadian ini terjadi karena sakit hati Putri terhadap Yosua.

Kemudian, dua buah anak Sambo yaitu Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf, divonis berbeda. Kuat Ma’ruf divonis penjara selama 15 tahun. Sedangkan, Ricky Rizal divonis penjara 13 tahun.

Polemik ringannya hukuman yang diperoleh Bharada E, menurut anggota hakim Alimin Ribut karena keluarga korban, Brigadir J telah memaafkan perbuatan terdakwa Bharada E.

BACA JUGA: Tok! Bharada E Divonis 1,5 Tahun Penjara

Bharada E juga bersikap sopan selama di persidangan dan belum pernah dihukum.

“Terdakwa masih muda dan diharapkan mampu memperbaiki kelak di kemudian hari,” ujar Alimin di PN Jaksel, Rabu (15/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement