Advertisement

Bukan Anjing Pelacak, Kantor Polisi Ini Pakai Tupai untuk Deteksi Narkoba

Lajeng Padmaratri
Minggu, 12 Februari 2023 - 23:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Bukan Anjing Pelacak, Kantor Polisi Ini Pakai Tupai untuk Deteksi Narkoba Tupai penghirup narkoba dilatih di Detasemen Polisi Kriminal di Distrik Hechuan, Chongqing, China. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CHONGQING—Polisi di kota Chongqing, China mulai menggunakan tupai terlatih khusus dalam perang mereka melawan pengedar narkoba. 

Melansir Oddity Central, Brigade Anjing Polisi dari Detasemen Polisi Kriminal di Distrik Hechuan, Chongqing telah berhasil membiakkan kelompok pertama tupai penghirup narkoba di China. Terobosan tersebut merupakan bagian dari proyek penelitian dan pengembangan nasional negara tersebut terkait penciptaan metode pelatihan baru untuk hewan anti-narkoba.

Advertisement

Rupanya, para ilmuwan telah mengetahui sejak lama bahwa indra penciuman tupai tajam. Meski demikian, metode pelatihan hewan pengerat tampaknya belum cukup maju sampai sekarang.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa Brigade Anjing Polisi Distrik Hechuan telah berhasil melatih enam tupai pendeteksi narkoba yang akan segera mulai bekerja bersama polisi untuk membantu mereka menemukan zat terlarang yang tersembunyi.

Yin Jin, pelatih kepala brigade anjing polisi Hechuan, mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan timnya berhasil melatih enam tupai menggunakan teknologi dan metode pelatihan yang dikembangkan secara internal. Hewan pengerat tersebut dilaporkan dilatih untuk menggaruk tempat di mana mereka bakal mendeteksi aroma narkoba. 

Pengujian menunjukkan bahwa tupai tidak hanya seefisien anjing pelacak dalam mendeteksi obat-obatan. Akan tetapi, mereka juga memiliki kelebihan lain seperti ukurannya lebih kecil, bergerak lebih cepat, dan kemampuan untuk mencapai tempat tinggi yang tidak pernah bisa diperiksa oleh anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Relokasi Makam Mbah Celeng Terdampak Tol Jogja-Solo Dipercepat setelah Terima Rekomendasi Kraton

Sleman
| Senin, 27 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement