Advertisement

Area Tambang Freeport Diterjang Banjir Bandang, 2 Warga Lokal Dikabarkan Hilang

st22
Minggu, 12 Februari 2023 - 13:17 WIB
Arief Junianto
Area Tambang Freeport Diterjang Banjir Bandang, 2 Warga Lokal Dikabarkan Hilang Banjir bandang yang melanda Mile 74 area penambangan PT Freeport Indonesia. - Antara/HO/Dok. Pribadi

Advertisement

Harianjogja.com, MIMIKA — PT Freeport Indonesia (PTFI) tepatnya di sekitar mile 74, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah diterjang banjir bandang dan longsor pada Sabtu (11/2/2023) pukul 16.35 WIT.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Vice President Corporate Communications PTFI, Katri Krisnati mengungkapkan, “Terjadi hujan dengan curah yang tinggi di wilayah Tembagapura menyebabkan air mengalir deras di jalan West Gully, area pabrik pengolahan konsentrat MP 74.”

Advertisement

Mengingat lokasi mile 74 tak jauh dari aliran air dari air terjun dataran tinggi di atas MP 74.  Bencana alam itu mengakibatkan kerusakan jalan sehingga akses menuju mile 74 pun ditutup sementara.

Katri menambahkan, PTFI telah mengerahkan Tim Emergency Preparedness and Response (EPR) untuk melakukan penyelamatan bagi seluruh karyawan yang berada di lokasi.

BACA JUGA:Smelter Tembaga Freeport Rp45 Triliun Dukung Industri Kendaraan Listrik

Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang tercatat tetapi dua pendulang yakni warga lokal dinyatakan hilang dan hanyut dalam insiden tersebut, sementara 14 karyawan yang sempat terjebak di Di Sag Mile 3 atas amole shop mile 74 telah berhasil dievakuasi.

Terkait dengan kondisi dua pendulang, Kapolsek Tembagapura AKP Ahmad Dahlan mengatakan, "Kami belum bisa memastikan informasi tersebut dan akan melanjutkan pengecekan Minggu (12/2/2023)."

“Para pendulang yang merupakan masyarakat lokal biasanya melakukan pendulangan di sekitar Mandalika atau Mile 72," imbuhnya.

Dampak lain dimana sejumlah alat berat milik PTFI seperti excavator terseret banjir hingga rusak karena tertimbun material pasir serta bebatuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement