Advertisement

Bos Freeport Lapor Jokowi, Sudah Tidak Ada Lagi Penambangan di Grasberg

Hafiyyan
Kamis, 01 September 2022 - 12:47 WIB
Bhekti Suryani
Bos Freeport Lapor Jokowi, Sudah Tidak Ada Lagi Penambangan di Grasberg Presiden Jokowi mengunjungi area pertambangan Grasberg di Tembagapura, Kab. Mimika, Papua, yang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) Kamis (1/9/2022). - Foto BMI Setpres.

Advertisement

Harianjogja.com, TEMBAGAPURA - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas dalam kunjungan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan saat ini tidak ada lagi penambangan yang dilakukan di tambang Grasberg.

Setelah menempuh perjalanan  menggunakan kendaraan roda empat, Jokowi dan Iriana Joko Widodo bersama rombongan tiba di Grasberg pada Kamis (1/9/2022) pukul 08.15 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Di Grasberg, Jokowi didampingi Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Tony menjelaskan, bahwa Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg.

“Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita me-maintain kestabilan lerengnya,” ucap Tony.

Sambil melihat kawasan tambang terbuka PTFI dari Grasberg, Jokowi juga berbincang dengan Presiden Komisaris PTFI sekalgus CEO Freeport-McMoRan Richard Adkerson.

Setelah berada di Grasberg selama 2 jam, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah.

BACA JUGA: Harga BBM 1 September 2022: Pertalite Tak Jadi Naik, Malah Ada Diskon nih

Turut hadir mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Advertisement

Siang ini, rencananya Presiden Jokowi meresmikan peluncuran teknologi 5G Mining hasil kerja sama PTFI dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Tembagapura.

Penerapan teknologi 5G Mining, yang merupakan bagian dari smart-mining solution PTFI, adalah penerapan pertama teknologi 5G di industri pertambangan Asia Tenggara.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hanya Bayar Rp12.000 per Bulan, Warga Desa di Kulonprogo Bisa Nikmati Listrik Tanpa Batas

Kulonprogo
| Minggu, 25 September 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement