Advertisement

Banjir Kritik dan Kepala BRIN Didesak Mundur, Megawati Minta Jalan Terus!

Szalma Fatimarahma
Selasa, 07 Februari 2023 - 14:47 WIB
Sunartono
Banjir Kritik dan Kepala BRIN Didesak Mundur, Megawati Minta Jalan Terus! Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (kedua kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko (kanan) mengamati Nyurat Lontar saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur di Bali, Senin (16/1/2023). KEK Sanur tengah ditransformasikan Kementerian BUMN untuk menjadi destinasi wisata komprehensif yang menonjolkan wisata kesehatan dan pariwisata. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto - rwa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menegaskan, bahwa Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri meminta BRIN terus menjalankan kegiatan riset meski banyak dikritik.

Menurutnya, permasalah di BRIN yang kini disoroti oleh publik itu hanyalah sebuah persoalan internal yang harus dihadapi jika lembaga riset itu ingin menggagaskan perubahan. 

Advertisement

"Itu sebenarnya kasus internal dalam konteks memperbaiki ekosistem untuk riset dan inovasi, ya arahannya [Megawati] kita harus jalan terus," terangnya di Gedung B.J. Habibie, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2023). 

BACA JUGA : Dituding Banyak Masalah, Ketua BRIN Didesak Mundur oleh 

Desakan mundur terhadap Handoko  juga tidak berpengaruh besar pada keseharian mantan Kepala LIPI itu. Pada hari ini, Handoko masih memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Teknik (Rakortek) BRIDA 2023.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa Handoko masih irit bicara jika ditanya soal desakan mundur sebagai Kepala BRIN. 

Seperti diketahui, desakan itu menjadi salah satu kesimpulan yang disetujui oleh seluruh anggota Komisi VII dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama BRIN, Senin (31/1/2023). 

"Komisi VII DPR RI mendesak pemerintah untuk segera mengganti Kepala BRIN RI mengingat berbagai permasalahan BRIN yang tidak kunjung selesai. Setuju?" ujar Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto,".

BACA JUGA : Ada Pulau Baru di Maluku, Begini Penjelasan BRIN

Desakan itu muncul usai anggota Komisi VII menilai Handoko gagal dalam melaksanakan perannya sebagai Kepala BRIN. Menurut para anggota, lembaga riset tersebut terus menemui berbagai permasalahan bahkan setelah umurnya hampir 2 taun. 

Sejumlah permasalahan yang menjadi sorotan ialah penyerapan pagu anggaran 2022 yang tidak maksimal serta konflik antar-periset BRIN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kantor Baru PDAM Bantul Selesai Dibangun dan Siap Ditempati

Bantul
| Jum'at, 01 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement