Advertisement

Jokowi Tegaskan Jabatan Kepala Desa Tetap 6 Tahun, Bukan 9 Tahun!

Akbar Evandio
Selasa, 24 Januari 2023 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Tegaskan Jabatan Kepala Desa Tetap 6 Tahun, Bukan 9 Tahun! Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah mengatur masa jabatan kepala desa selama enam tahun dan selama tiga periode.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara saat menanggapi pertanyaan awak media terkait perpanjangan masa jabatan kepala desa yang disuarakan para kepala desa di depan Gedung DPR RI beberapa waktu yang lalu.

Advertisement

"Undang-undangnya sangat jelas, membatasi enam tahun dan selama tiga periode," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Presiden RI Ke-7 itu menyebut perpanjangan masa jabatan tersebut merupakan aspirasi para kepala desa.

Oleh sebab itu, dia pun mempersilakan para kepala desa untuk menyampaikan aspirasi tersebut kepada DPR. "Iya yang namanya keinginan, yang namanya aspirasi itu silakan disampaikan kepada DPR," katanya.

BACA JUGA: Kilas Balik! Sederet Operasi Densus 88 di Sleman, Ada Terduga Teroris Ditangkap saat Bawa Sepiring Nasi

Lebih lanjut, Presiden asal Surakarta ini pun menyerahkan tindak lanjut aspirasi dari para kepala desa tersebut kepada DPR RI.

"Prosesnya silakan nanti ada di DPR," tandas Jokowi. Untuk diketahui, pada Senin, 16 Januari 2023 yang lalu, para kepala desa melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI. Mereka meminta agar Pasal 39 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 direvisi, sehingga masa jabatan kepala desa yang semula enam tahun bisa menjadi sembilan tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Koperasi Singosaren Maju Bersama Mengajak Masyarakat Singosaren Maju Bersama

Jogja
| Sabtu, 28 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement