Advertisement

Ini 10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Indonesia Tak Seberapa

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 16 Januari 2023 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Ini 10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Indonesia Tak Seberapa Ilustrasi jalan tol - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cikampek (Getaci) ramai diperbincangkan di media sosial karena akan menjadi jalan tol terpanjang kedua di Indonesia setelah Tol Lampung Palembang. Tol Getaci yang akan terkoneksi dengan Tol Jogja Cilacap dan menyambung dengan Tol Jogja Solo panjangnya hanya 0,4 persen dibandingkan jalan tol terpanjang di dunia.

Dilansir dari laman Road Traffic Technology, Senin (16/1/2022), jalan tol terpanjang di dunia adalah The Pan American Highway, di Amerika Serikat (AS), yang membentang sepanjang 48.000 km, sedangkan tol Getaci direncanakan panjangnya mencapai 206.65 km.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kebanyakan jalan tol terpanjang di dunia berada di AS, hampir setengah dari 10 tol terpanjang terletak di Amerika.

1. The Pan American Highway

Tol terpanjang di dunia ini meliputi seluruh sistem jalan raya antarnegara dan menghubungkan lebih dari 20 negara di Amerika. Panjang jalan tol ini mencapai 48.000 kilometer.

Sumber: Freepik

2. Highway 1, Australia

Tol terpanjang kedua di dunia berada di Australia, dengan nama Highway 1. Jalan tol ini membentang sepanjang 14.500 km, jalan ini pun menghubungkan beberapa negara bagian Australia kecuali Brisbane dan Darwin.

3. Trans Siberian Highway, Serbia-Rusia-Asia

Tol terpanjang ketiga berada di Siberia dengan nama Trans Siberian Highway. Jalan tol yang membentang 11.000 km ini menghubungan beberapa negara di Eropa dan Asia. Tol ini pun dimulai dari St Petersburg ke Vladivostok di Rusia. Jalan tol ini juga melewati Kazakhstan.

4. Trans Canada Highway, Kanada

Posisi keempat diisi oleh tol di Kanada yang bernama Trans Canada Highway. Jalan tol ini pun menghubungkan hampir seluruh kota di Kanada (9 dari 10 kota) dengan panjang 7.476 km.

Sumber: Freepik

5. Golden Quadrilateral, India

Posisi kelima diisi oleh tol milik India bernama Golden Quadrilateral. Tol ini pun mencakup 4 kota di India, mulai dari Delhi, Kolkata , Mumbai dan Chennai, dengan panjang 5.846 km.

6.  China National Highway, China

Selanjutnya, Tol terpanjang berada di China dengan panjang 5.700 km. Tol ini pun membentang dari kota Tongjiang di Provinsi Heilongjiang Timur, hingga Sanya di Provinsi Hainan.

7. US Route 20, Amerika Serikat

Di posisi ketujuh sampai kesepuluh diisi oleh tol di AS. Mulai dari tol US Route 20 dengan panjang 5.415 km yang mencakup 9 negara bagian mulai dari Boston, Massachusetts, ke Newport Oregon dan lainnya.

8. US Route 66, Amerika Serikat

Selanjutnya, ada US Route 66 yang mencakup negara bagian dari Bishop, California, hingga Provincetown, Massachusetts. Tol ini memiliki panjang 5.158 km.

Sumber: Freepik

9. Interstate 90, Amerika Serikat

Pada posisi sembilan ada jalan raya Interstate 90 (I-90) dengan panjang 4.860 km. Jalan raya ini sejajar dengan Rute 20 dan melewati sekitar 13 negara bagian dari Boston, Massachusetts, ke Seattle, Washington.

10. Interstate 80, Amerika Serikat

Terakhir, Interstate 80 (I-80) yang juga merupakan jalan raya sepanjang 4.666km. Jalan ini atau dikenal juga sebagai Christopher Columbus Highway dengan panjang 68 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement