Advertisement

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Sebut Hanya Tanggul Laut Raksasa yang Bisa Cegah Banjir

Pernita Hestin Untari
Selasa, 03 Januari 2023 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Sebut Hanya Tanggul Laut Raksasa yang Bisa Cegah Banjir Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono - JIBI/Bisnis.com/Pernita Hestin Untari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) akan membuat Jakarta aman dari ancaman banjir dan kenaikan permukaan air laut.

Hal tersebut diungkapkan Heru seusai menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) terkait National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Balai Kota, DKI Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kalau mau aman Jakarta sampai seterusnya kita harus bisa bangun tanggul giant sea wall,” kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Giant sea wall merupakan tanggul laut dalam proyek NCICD yang nantinya dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Heru menjelaskan proyek tersebut masih dalam pematangan konsep di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Dia menyampaikan  Pemprov DKI akan menyerahkan seluruh konsep tata ruang ke Pemerintah pPusat.

Sementara itu, untuk tanggul pantai, Pemprov DKI akan bersinergi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk sertifikasi lahan. Usai disertifikasi, Pemprov DKI akan membangun beberapa sarana pada lahan tersebut.

“Karena ketika kami sudah menanggul pantai, ada lahan timbul yang milik Pemda DKI itu harus cepat kami sertifikatkan yang dekat dengan Pelindo. Sinergi dengan Pelindo kita membangun sarana untuk masyarakat ada taman, ada lapangan basket, kira-kira seperti itu dan tentunya harus ada pengamanan aset Pemda,” jelasnya.

Dikutip dari laman Dinas SDA, proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) menyediakan solusi terpadu untuk menghadapi tantangan banjir, sanitasi, dan penyediaan air yang lebih baik.

Selain itu, konektivitas yang lebih baik dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan turut dimasukkan ke dalam pengembangan wilayah pesisir Ibu Kota.

Hal tersebut sebagai prasyarat pengembangan ekonomi berkelanjutan di DKI Jakarta. Proyek pembangunan tanggul NCICD menjadi tanggung jawab bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta akan membangun tanggul di jalur yang sesuai kewenangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Masuk Tahun Politik, Generasi Muda Diajak Pedomani Buah Pikir Buya Syafii

Jogja
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement