Advertisement

Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Terganggu Cuaca Buruk

Newswire
Minggu, 01 Januari 2023 - 00:17 WIB
Sunartono
Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Terganggu Cuaca Buruk Ilustrasi-Petugas di Bandara Internasional Ahmad Yani sedang memandu pesawat yang hendak parkir di tengah hujan lebat. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Belasan jadwal penerbangan sejumlah maskapai di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Sabtu, terdampak cuaca buruk dan tingginya intensitas hujan sehingga mengalami keterlambatan serta pengalihan.

“Hingga hari ini pukul 12.00 WIB terdapat 13 penerbangan yang terdampak, baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Balikpapan, Ketapang, dan Banjarmasin,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto di Semarang, Sabtu.

Advertisement

BACA JUGA : Cuaca Ekstrem Saat Akhir Tahun, BPBD: Wisatawan Jangan

Selain keterlambatan keberangkatan, kata dia,terdapat satu jadwal penerbangan dari Banjarmasin yang terpaksa dialihkan ke Surabaya. Ia mengemukakan bahwa kondisi di area terminal bandara saat ini terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang.

Menurut dia, manajemen PT Angkasa Pura I beserta seluruh pemangku kepentingan terkait melakukan koordinasi dan kolaborasi sehingga operasional bandara tetap berjalan dengan baik meskipun dengan kondisi cuaca ekstrem.

Setelah sempat terdampak cuaca buruk, lanjut dia, kini operasional bandara telah berjalan normal kembali dengan melayani keberangkatan pesawat pertama yaitu Wings Air IW 3806 tujuan Semarang-Pangkalan Bun pada pukul 12.20 WIB dan kedatangan pesawat pertama yaitu Lion Air JT 506 tujuan Jakarta-Semarang.

“Kondisi runway siap beroperasi dengan pemantauan oleh petugas sehingga apabila terjadi kondisi yang mengganggu operasional penerbangan dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Ia menyebut cuaca buruk juga menyebabkan adanya genangan air di ruas jalan menuju bandara dan sebagai upaya untuk mempermudah akses pengguna jasa dari dan menuju bandara, manajemen PT Angkasa Pura I bersama Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani Semarang, dan Satuan Korps Brimob Polda Jateng menyediakan kendaraan penjemputan bagi para penumpang yang tertahan di luar bandara.

BACA JUGA : Cuaca Ekstrem Diprediksi Berlangsung sampai Februari

“Mengingat curah hujan masih tinggi dan terdapat genangan air di beberapa titik lokasi pada jalan menuju dan dari bandara, kami mengimbau kepada pengguna jasa untuk tetap berhati-hati,” katanya.

Pihaknya berharap cuaca segera membaik sehingga kegiatan operasional bandara dapat berjalan lancar, aman, dan tetap nyaman, demikian Hardi Ariyanto .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antaranews

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement