Advertisement

Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Komisi VII DPR Resmikan SPKLU PLN UID Jateng-DIY

Media Digital
Minggu, 11 Desember 2022 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Komisi VII DPR Resmikan SPKLU PLN UID Jateng-DIY Peresmian SPKLU PT PLN (Persero) di Kantor PLN UID Jateng dan DIY, Semarang pada Jumat (9/12/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Komisi VII DPR RI meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) di Kantor PLN UID Jateng dan DIY, Semarang pada Jumat (9/12/2022).

Peresmian ini menjadi salah satu langkah nyata dukungan Parlemen terhadap Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"PLN terus menambah jumlah SPKLU untuk Electric Vehicle (EV), jika eksisting saat ini terdapat 10 unit SPKLU di Jateng DIY, dalam waktu dekat akan ditambah lagi sembilan unit. Ke depan jumlahnya harus diusulkan dan ditambah lagi, dan kita wajib support," ujar Bambang Dwi Hartono, Ketua Tim DPR-RI dalam kunjungan kali ini melalui rilis, Minggu (11/12/2022).

Saat ini terdapat total 129 unit SPKLU yang tersebar di seluruh indonesia, untuk mensupport ekosistem kendaraan listrik.

BACA JUGA: Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Naik. Emas UBS Capai Rp1 Juta Per Gram

Anggota DPR-RI Komisi VII, Dyah Roroesti menyatakan bahwa berdasarkan COP27/ Konvensi Perubahan Iklim Internasional yang digawangi PBB, Indonesia telah meningkatkan target pengurangan emisi dari sebelumnya 29% menjadi 31% di 2030, dan salah satu penyumbang terbesar emisi karbon adalah dari emisi yang ditimbulkan oleh alat transportasi.

Di kesempatan yang sama anggota Komisi VII yang lain, Bambang Hermanto menyampaikan dukungan penuh bagi PLN untuk terus menambah jumlah SPKLU demi mencapai target zero emission 2030.

Pengembangan ekosistem kendaraan listrik juga merupakan salah satu strategi dalam membantu pemerintah mengurangi beban biaya APBN untuk impor BBM.

"Selain membantu pemerintah mengurangi impor BBM, tentunya yang lebih penting adalah untuk mengurangi emisi karbon, karena menjaga bumi ini adalah tugas kita bersama. oleh karena itu mari kita galakkan ekosistem kendaraan listrik. berubah dari moda transportasi dengan metode combustion engine (BBM) ke kendaraan listrik," pungkas Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR-RI masa sidang II Tahun sidang 2022-2023, yang dihadiri oleh enam anggota Komisi VII DPR-RI yaitu Bambang Dwi Hartono (F-PDIP), HM Gandung Pardiman (F-Golkar), Bambang Hermanto (F-Golkar), Dyah Roroesti (F-Golkar), Hendrik H. Sitompul (F-Demokrat), Ratna Juwita Sari (F-PKB), dan turut dihadiri juga oleh Sekretaris Dirjen Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari, serta Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka peninjauan pembangunan daerah secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com, Rabu 8 Februari 2023

Jogja
| Rabu, 08 Februari 2023, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement