Advertisement

PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

Media Digital
Selasa, 29 November 2022 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022 PLN secara serentak melakukan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa penanaman pohon di sejumlah wilayah di Indonesia, Senin (28/11/2022). - Istimewa

Advertisement

JAKARTA—Untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November 2022, PLN secara serentak melakukan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa penanaman pohon di sejumlah wilayah di Indonesia, Senin (28/11/2022). Aksi ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi emisi udara serta mendukung mitigasi perubahan iklim.

Desa Batursari Kecamatan Sirampog Bumiayu Kabupaten Brebes menjadi salah satu wilayah yang ditanami pohon. Lokasi ini merupakan lahan milik perhutani yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Telaga Sunyi yang beranggotakan 315 anggota di Kecamatan Sirampog.

Advertisement

Melalui kegiatan PLN Peduli, PLN bekerjasama dengan LMDH kecamatan Sirampog melakukan penanaman pohon berupa 13.000 bibit kopi arabika sigaruntang, 5.000 bibit pinus oocarpa, dan 1.000 bibit jeruk trigas. Adapun bibit pohon yang ditanam merupakan jenis pohon produktif agar tidak hanya menghijaukan lingkungan tetapi kedepannya juga dapat dikonsumsi ataupun diolah.

Penanaman bibit pohon ini secara simbolis dilakukan oleh Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta beserta Jajaran bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kab. Brebes didampingi segenap Forkopimda Kab. Brebes dan Forkopimca Kec. Sirampog.

Ahmad Mustaqir, Senior Manager Komunikasi dan Umum, mewakili General Manager PLN UID Jateng & DIY mengaku senang dapat bersinergi dalam penyaluran bantuan.

“Kami sangat senang bapak ibu dapat menyambut baik, mau bersinergi, mau bekerja sama dengan PLN dapal penyaluran bantuan ini.”

Dia juga menambahkan bahwa sejatinya bantuan dari PLN juga merupakan hak dari penerima.

“Karena PLN ini punya negara, sehingga setiap aksi korporasi atau aksi sosial memang sudah menjadi tanggung jawab PLN peda masyarakat sekitar,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Laode Vindar Aris Nugroho, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes yang mewakili Bupati Brebes menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini.

“Pemerintah Kabupaten Brebes menyampaikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT PLN yg telah memberikan kontribusi, dukungan berupa TJSL, kepedulian lingkungan, kepedulian konservasi dalam program penghijauan penanaman 19000 bibit pohon di Desa Batursari melalui pelaksana LMDH Telaga Suci di Desa Batursari,” ucap dia.

Lebih lanjut, ia berharap dengan penanaman pohon ini yang salah satunya adalah kopi, dapat meningkatkan masyarakat.

"Dalam waktu 3 tahun sudah bisa dipanen, dengan memohon doa kepada Allah SWT ketika kita tanam, pohon ini nantinya bisa menghasilkan dan bisa bermanfaat sebagai nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Desa Batursari.”

Sejalan dengan hal tersebut, Dasir, Ketua LMDH menyampaikan komitmennya terhadap program ini.

“Insyaallah Kami selaku LMDH akan menjaga dan merawat bantuan TJSL dari PLN,” ungkapnya.

Dia juga berharap, bantuan ini dapat memajukan dan mengembangkan ekonomi masyarakat.

Program penanaman pohon ini juga selaras dengan salah satu aspirasi program transformasi PLN, yaitu Green, yang memiliki visi untuk melindungi generasi masa depan dengan menjaga lingkungan. Di samping itu, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar ikut menjaga lingkungan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement