Advertisement

Lomba Inovasi Nasional Tahun 2022 Jaring Ide Kreatif Mahasiswa

Nina Atmasari
Kamis, 17 November 2022 - 07:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Lomba Inovasi Nasional Tahun 2022 Jaring Ide Kreatif Mahasiswa Perwakilan tim finalis Lomba Inovasi Nasional Tahun 2022 mengambil undian di Gedung dr. H. Suparsono, Kampus Tuguran, Untidar, Rabu (16/11/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANGSebanyak lima tim menjadi finalis Lomba Inovasi Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Universitas Tidar, Akademi Militer dan Pemerintah Kota Magelang, di Gedung dr. H. Suparsono, Kampus Tuguran, Untidar, Rabu (16/11/2022).

Hasilnya, Tim dari USU berhasil meraih penilaian tertinggi dan menjadi Juara 1 dalam Lomba Inovasi Nasional Tahun 2022 ini. Tim ini mengusung judul Sistem Pengukuran Pelebaran Rongga Dada untuk Menentukan Tingkat Keparahan Penyakit Paru Obstruktif Kronis, Tim dari USU dengan perolehan nilai 664,75.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Juara kedua diraih Poltekad Diklatad dengan judul Desain Smart Cooling Box Systems Untuk Persediaan Logistik Dan Obat-Obatan Prajurit Tni Ad Berbasis Fingerprint Monitoring Tracking Systems And Photovoltaic dengan nilai 626, 5.

Peringkat ketiga dengan nilai 625, 3 diraih Akademi Militer dengan judul Pemanfaatan Kandungan Bethacyanins Yang Digunakan Sebagai Sintesis Bahan Sandwich Dengan Bahan Dasar Hylocereus Polyrhizus Untuk Kain Anti Kanker: Studi Kasus In Vivo.

Juara harapan 1 dengan nilai 615, 45 ditempati Universitas Tidar dengan judul Pemanfaatan Inovasi Sambungan Single Lap Joint Menggunakan Resin Epoxy Dan Lateks Pohon Karet Pada Komponen Elektronik Dengan Dashboard Komposit Mobil.

Adapun Universitas Lampung menjadi juara Harapan 2 dengan nilai 606, dan judul Sistem Integrasi Autonomus UAV dan Perangkat Pengukur Gelombang Laut Sebagai Sistem Peringatan dan Pemantauan Dini Daerah Terdampak Tsunami Gunung Anak Krakatau.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Untidar, Prof. Sugiyarto mengungkapkan lomba kali ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. "Kegiatan ini bertujuan menjaring ide kreatif dan inovatif serta kontribusi kritis terhadap persoalan bangsa dalam hasil karya yang orisinil oleh mahasiswa," katanya, di sela kegiatan.

Budaya kompetisi juga akan menciptakan jiwa sportivitas dan rasa percaya diri mahasiswa dalam berkompetisi. Selain itu juga merupakan ajang berbagi pengetahuan antar mahasiswa dan antar perguruan tinggi di Indonesia.

Advertisement

Lomba Inovasi Nasional Tahun 2022 sudah digelar ketiga kalinya selama tiga tahun terakhir, tahun ini ada sebanyak 49 peserta.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Sabtu 3 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement